Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Blue Hour @Tidung Island5-6 December 2009,  Tempat yang sangat dekat dengan Jakarta tapi terpencil ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Tidung sendiri terbagi menjadi 2 pulau yaitu Tidung besar disebalah barat yang berpenghuni dan Tidung kecil disebelah timur yang tidak berpenghuni. Kedua pulau ini dihubungkan oleh ICON pulau ini yaitu jembatan penghubung 2 pulau. Selalu menganggap sebelah mata daerah kepulauan seribu ini, dibenak ini kepulauan yang masih masuk wilayah DKI Jakarta ini tidak akan jauh kondisi joroknya dengan Jakarta daratan. Ternyata penilaian  itu benar adanya setidaknya ketika memasuki dermaga daerah muara angke.

Update September 2010, Sebelum baca lebih lanjut saya ingatkan juga karena ada banyak email masuk tentang kondisi terakhir Pulau Tidung dan isi emailnya kurang lebih sama dengan yg ada di facebooknya Word Traveler (sumber http://www.facebook.com/album.php?aid=22125&id=100000688579162 ), saya co-pas saja tulisannya , untuk photo2 joroknya bisa di lihat di fb nya world traveler :
P Tidung yang kian booming di kalangan pelancong Jakarta ini ternyata menyimpan sejuta kegetiran di baliknya. Mulai dari masalah sampah yang kian menumpuk, bergesernya nilai-nilai asli masyarakat setempat yang dulunya nelayan kini mencoba bisnis kecil2an dengan menyewakan penginapan, kapal dan alat snorkling.
Lalu kemana jiwa2 nelayan yang dulu menghidupi mereka itu? Tak cuma itu, budaya LATAH traveler Jakarta ternyata juga mematikan pelan2 kehidupan pariwisata di pulau sekitar seperti Pulau Pramuka yang kini kian sepi, tak dilirik karna kalah pamor dengan Tidung (yang ternyata isinya sampah).
Lebih parah lagi, banjirnya pengunjung di Tidung ternyata memperparah hancurnya kehidupan laut di sana. Coral yang sedang tumbuh hancur diinjak2 turis yang (katanya sih) mau menikmati indahnya karang. Adanya BANANA BOAT (CAN YOU IMAGINE THAT??) dan JET SKI (O MY GOD!!) semakin mengancam keindahan bawah laut Pulau yang semakin terancam ini.

Mengapa info tsb sy tulis, supaya yg datang kesana tidak ber ekspektasi tinggi dengan keadaan Tidung sekarang, juga supaya pengunjung yg ke sana lebih bijak dalam bertindak, seperti tidak menginjak terumbu karang dan tidak membuang sampah sembarangan, soalnya kondisi terumbu di sekitar tidung terakhir sy kesana jauh lebih bagus di banding yg di pramuka sekitarnya

Lepas dari Muara AngkeYup memasuki daerah muara angke banjir air berwarna hitam ditambah bau busuk yang tidak bisa dideskripsikan bau apa karena saking menyengatnya ditambah ketidak bersahabatan orang-orang sekitar dermaga membuat down mental temen perempuan saya , hmm itu yang dia katakan setelah perjalanan pulang :D. Gimana ngak down tanya orang2 dimana dermaga tempat perahu yang ke Pulau Tidung berada, ngak ada yg jawab mereka terlalu sibuk dengan pekerjaanya :(. Ditambah salah masuk dermaga akhirnya naik turun benteng untuk menuju perahu yang ke Pulau Tidung. Hmmm kesan pertama ketika mau berangkat udah agak aneh, banjir air bau busuk, orang2 yang tidak bersahabat, naik turun benteng (karena salah jalan & ngak mau muter melewati genangan air yang bau busuk) dan terakhir setelah ketemu perahunya orang2 pada nyeletuk ‘Perahu yang ke pulau tidung tuh jelek dan banyak kecoanya’.
Ternyata celetukan orang2 tersebut sebagian besar benar walopun emang jelek tapi ngak jelek2 amat, tapi kecoanya sih berserakan hahaha. Hal2 tersebut bukan suatu yang menakutkan dan tidak akan pernah mengurungkan niat pergi ke pulau tidung.

Apabila ada orang yang mau bunuh diri terjun ke laut dijamin dia akan mengurungkan niatnya tuk bunuh diri hahahaha soalnya air lautnya hitam berminyak bercampur kotoran manusia, ikan2 busuk dan sampah menyatu menjadi satu itulah muara angke :D.

Tapi penumpang yang berangkat ke Pulau Tidung tidak sebanyak penumpang yang ke Pulau Pramuka jadi bisa tiduran dengan ‘agak’ nyaman tidak berdempet dempetan seperti sarden, walopun suasananya masih seperti para imigran pengungsi kapal hehe. Perahu yang ke pulau pramuka lebih dulu jalan sekitar pukul 6.30 dan sekitar 6.45 barulah perahu yang ditumpangi berangkat (di ralat karena jam kamera yg lebih telat 1 jam harusnya sekitar jam 7.30-7.45 barulah perahu berangkat).

Tips bagi orang-orang yang ngak kuat terhadap suasana seperti yang dijelasin diatas lebih baik berangkat dari dermaga Marina Ancol yang tentunya ongkosnya lebih mahal hampir 10x lipat ato sekitar +-Rp300rb-an   kalo numpang perahu cepat (bener2 cepettttt dan bagus) yg ke sepa atau kotok sekitar 180rb  bisa juga naik kapal Kerapu yg ongkosnya kurang lebih sama dengan di muara angke tapi kapasitasnya dikit antrinya puanjaaaaaaaaang(Updated Juli 2010) bandingkan dengan ongkos dari Muara Angke yang cuma Rp33rb. Tapi menikmati suasana perjalanan diatas perahu yang jendelanya blong tanpa kaca membuat tangan ini bisa merasakan cipratan air laut atau kalo cape bisa sambil lesehan dan tiduran dengan alas tikar seadanya atau juga ngobrol sama orang2 pulau (sebutan tuk org2 yg tinggal di kep.seribu) itu suatu pengalaman yang seru yang tidak akan terjadi apabila naik dari Marina Ancol. Apabila mau main kesana lagi , tetep akan memilih Dermaga Muara Angke karena faktor murahnya hehe

Lepas dari muara angke kondisi air laut masih hitam pekat dan sedikt kental karena berminyak sampe2 riaknya ngak terlalu kelihatan saking ketalnya, tapi sekitar 30 menit s/d 1 Jam setelah agak bosan ngobrol dan tanya2 tentang tidung sama orang pulau , air laut sudah mulai membaik tangan sudah berani dikeluarkan tuk menikmati cipratan air lautnya. Tapi karena efek Antimo yang diminum karena takut mabok itu mujarab banget, setelah itu sampe nyampe sekitar 2 ato 3 jam perjalanan langsung tidak sadarkan diri karena tidur saking lelapnya :D. Setelah itu ngak mau minum antimo lagi karena efek ngantuknya masih dirasakan sampe ke penginapan. Padahal niat minum antimo supaya ngak mabok dan bukan tuk tidur pulas selama di perjalanan hehe. Sekitar jam 10 lebih dibangunkan katanya sudah mau masuk ke dermaga pulau tidung.

Suasana di dermaga pulau tidung kontras banget sama suasana dermaga muara angke. Sepi tidak ada apa2 yang ada hanya beberapa gelintir tukang becak itupun pas keluar dari perahu dah hilang di booking penumpang laen. Tapi justru suasana sepi seperti inilah yang diinginkan hehe. Turun dari perahu langsung jalan kaki dengan pedenya karena tidak takut akan nyasar di pulau yang kecil ini hehe. Setelah tanya2 losmen lima sodara dimana akhirnya ketemu juga tapi pas masuk losmen hmmmm kosong. Kantornya kosong tapi pintu terbuka, saya fikir hmmm ngak takut kemalingan apa hehe .. tapi sapa yg mo maling di pulau yang kecil gini hehe.

Halaman belakang penginapanHalaman belakang penginapan

Halaman belakang losmen 5 sodara

Setelah cukup lama menunggu akhirnya Pak Haji pemilik losmen 5 sodara datang juga, dan setelah pilih kamar lalu Pak Haji ngasih no hp penyewaan perahu dan katering kalo pengen makan. Akhirnya pesen makan dan janji ke tukang perahu tuk snorkeling jam 1.30 siangan. Kenapa harus jam setengah dua siang karena efek ngantuk antimo masih terasa banget. Untuk menghilangkan efek tersebut harus di tambah jam tidurnya. Losmen ini satu2nya penginapan yang ada di Pulau Tidung kondisinya lumayan bersih ada satu kamar tidur+tempat tidur double, ruang tengah + TV,ruang tamu + kasur single, dapur, kulkas , kipas angin dan kamar mandi yg lumayan bersih dan semuanya itu di tebus dengan Rp.200rb per hari dan maksimal 6 orang. Langsung memilih losmen yang halaman belakangnya menghadap laut lepas. Ketika berdiri di halaman belakangnya barulah sadar walaupun masih ada beberapa sampah2 plastik dan sampah daun2 kering di laut tetapi jernihnya air laut tidak bisa di sembunyikan oleh sampah2 tersebut bawaanya jadi kepengen nyemplung berenang hehe.. Sayang katanya demi keamanan Pak Haji memasang pagar pembatas antara halaman belakang dan laut padahal kalo tidak ada pagar pembatas kita bisa lebih menikmati jernihnya air laut.
Jam setengah dua siang akhirnya berangkat ke spot buat snorkeling di sekitar pulau payung sekitar 20 menit-an naik perahu dari pulau tidung besar. Ketika melewati ICON pulau tidung yaitu jembatan penghubungnya, benar2 takjub dan sampai saat ini suasana tidak mengenakan di Muara Angke dah lupa dan tergantikan oleh suasana pulau dengan jembatan penghubungnya yang sangat indah. Ketidaknyamanan di muara angke dibayar kontan dengan keindahan pulau Tidung.

Snorkeling Di Pulau PayungMenuju Pulau Payung
Terumbu Karang Pulau Payung

Snorkeling di pulau payung, perjalanan ke Pulau Payung dan kondisi terumbu karang diambil diatas perahu

Sampai di spot snorkeling yang berair jernih dengan keindahan terumbu karangnya semakin menenggelamkan pengalaman di muara angke. Tak menyangka disini punya terumbu karang yang bagus, kondisi air dan terumbu karang disini lebih bagus ketimbang waktu diving di tanjung benoa Bali (setidaknya spot yang dulu dikunjungi kurang ok). Bedanya disini tidak ada yang menyediakan peralatan diving selain snorkeling (peralatan snorkeling pun seadanya hehe sewa sekitar 15rbuan), serta suasananya sepi banget tidak ada siapa2 serasa laut milik sendiri hehe. Juga berbeda dengan di Tanjung Benoa Bali dimana operator diving ada dimana-mana serta ramai sama wisatawan.
Puas-puasin diri snorkeling di pulau payung walaupun kurang puas juga sekitar jam 4 ato 4.30 sore kami harus segera balik ke penginapan karena pengen menikmati suasana sore hari di jembatan.
Setelah ambil sepeda dan pompa sendiri ban sepedanya :) langsung cabut agak ngebut ke Jembatan penghubung tidung besar dan kecil, dan ternyata walaupun ketika snorkeling kurang puas tapi setelah melihat pemandangan dan jalan2 di jembatan tersebut terpikirkan untuk menikmati perjalanan ini terlalu mepet karena cuman saptu minggu :( minggu-nya pun pagi2 harus segera pulang. Tapi tetep dimanfaatkan untuk jalan2 di jembatan tersebut serta mengabadikan suasana sorenya. Setelah agak gelap balik ke losmen makan malam dan istirahat karena pagi harinya harus bangun subuh lagi tuk mengejar sunrise.
Ternyata minggu subuhnya terjadilah kejar-kejaran sama sunrise hehe .. memacu sepeda lebih cepat dari hari kemaren karena takut kehilangan momen sunrise blue hour dan golden hournya dan inilah gambar-gambar pemandangan di sekitar jembatan penghubung pulau tidung besar dan kecil :

Sun RiseLion Fish

Setelah photo2 di pagi hari dengan berat hati jam 6 pagi harus sudah packing balik ke Jakarta karena perahu yang ke Muara Angke adanya hanya sehari sekali Jam 7 Pagi. Tapi pendataan di dermaga Tidung jauh lebih rapih di banding di muara angke. Bayar tiket diluar dan ditongkrongi 2 cewe pulau serta di data nama alamatnya. Beda banget ketika di Muara angke boro-boro didata bayarnya di atas perahu seperti naik angkot hehe.Di perjalanan pulang ini saya tidak lagi minum antimo karena kapok :), dan baru ngeh ternyata beberapa pulau yang dekat dengan teluk jakarta airnya juga dah parah hitam kotor dan berminyak seperti di Pulau Untung jawa ketika perahu menurunkan penumpang di dermaga. Jadi cepetan deh pergi ke Kep.Seribu sebelum semua pulaunya rusak karena air laut yang semakin kotor. Sekilas daerah pulau Bidadari dan Onrust juga agak2 kotor tidak sebersih pulau2 yang agak ke utara.

Biaya perorang :
Ongkos perahu Muara Angke – P.Tidung Rp.33.000 (pp Rp.66.000)
Sewa peralatan snorkeling Rp.35.000
Makan Rp. 10.000 – Rp.15.000
Sewa Sepeda Rp. 15.000 seharian –> wajib soalnya cuma ini alat transportasi yang murah

Biaya yang di tanggung rame2 :
Losmen Rp. 200.000 perhari max 6 orang —> Bpk. Haji Abd Hamid 085888742129
Sewa perahu buat snorkeling Rp.250.000 —> Bpk. Wardi 085693565464

semakin banyak orang biaya akan semakin murah karena biaya losmen dan perahu buat snorkeling di tanggung rame2.
Oh iya buat komunikasi dan agar disana tak mati gaya bawa HP yang nomor depannya 085xxx.

Related post : Diving @Pulau Pramuka Kep.seribun

UPDATE 2014 : Tulisan diatas mungkin sudah tidak valid bagi yang ingin mengetahui info Pulang Tidung terkini. Tulisan tersebut dibuat ketika melakukan perjalanan di tahun 2009. Info penginapan yang dulu hanya satu sekarang sangat banyak. Tapi dulu masih beruntung bisa ambil photo jembatan cinta dalam suasana sepi tidak ada orang, padahal dihari sabtu dan minggu.

158 Comments + Add Comment

  • Salam knal mas. Gokil mas utk perjalanannya! Tq ya atas infonya yg sangat jelas buat kita2 yg jg hobi traveling..Keep on traveling with nice pic ya mas.Gudlak!

  • @Reiza : salam kenal juga …. semoga bermanfaat infonya :D

  • kerenn…thx..boleh juga tuh buat video klip…meskipun amatirann..ditunggu lagi infonya..heee

  • kerreeeennn..!!! wah, thx bgt loh at info pulau tidungnya.. and ceitanya lengkap bgt..!!! jadi ga sabar pengen buru2 kesana..^,^

  • @ray n noen : thanks, slamat jalan2 ke tidung

  • Pak Gun, tanya dong .. itu perahu yang dari muara angke seperti yg di poto bukan, yg belakannya ada gedung ?
    Kasih cheat dong kira2 apa aja yg harus di bawa kesana

    • @Ibu Nunik ;),
      Bukan ibu Nunik itu kayaknya perahu nelayan kecil yg lagi mo balik ke Muara Angke ..
      Waduh kalo peralatan apa yah .. paling bawa baju ganti aja hehe sama senter kalo2 kemaleman di jembatan ;)

  • Thanks bro infonya mantab abis
    kalo penginapan selain itu ada lagi ngak ?
    masa kalo penuh di suruh keluar pulau hehe kidding …
    Tidung i’m comiiiiiiiing

    • @Koes : iya bro mang mantab :D hehe setahu saya sih penginapan cuman 1 tp kalo ngak salah (CMIIW) biasanya ada rumah2 penduduk yg di sewain

  • waduh mantab nih ceritanya…. rencananya bulan ini ane mo k sana juga mas… mo minta infonya donk…

    No HP yg bisa d hubungi bwt sewa alat2 snorkling boleh tau ga?
    trus saya dpt info klo d p.pramuka ad ojek antar pulau biaya skitar 3ribu/orang. klo d p. tidung ada ga yah?
    kapal dari muara angke berangkat jm brp? setau saya jm 7.30, tp tepat waktu atw telat gtu brangkatnya? saya dari bekasi takutnya terlambat naik kapalnya….
    satu lagi, saya boleh minta no HPnya mas gunawan? biar bisa tanya2 gtu…

    klo boleh jawabannya kirim ke email: akhmad.riezqaldy@gmail.com

    terimakasih banyak….

    salam kenal..

  • maaf kalau boleh tau, perahu untuk snorkeling itu max. berapa orang? terimakasih . salam kenal

    • @Akhmad : dan di imel jawabanya thanks..
      @ifa : kayaknya sih 5-6 org masih bisa .. salam kenal juga

  • bos saya bln depan mau kesna cm masih bingung untuk naik kapalnya apakah perlu survey dulu apa langsung on the spot … soalnya takut ga dapet kapalnya … mohon pencerahannya

    • @donovan : kalo sy sih mungkin lebih nekad :p ngak pake survey2 dulu .. malah ngak tau muara angke di mana hehe, tp kalo pas hari libur kata org2 pulau emang kapal lebih cepet penuh di banding hari biasa jadi usahakan jam 6 pagi sampe di muara angke, soalnya kalo kapal dah penuh langsung berangkat.
      Tapi yg pasti booking losmen (+sepeda) dulu ke pak haji takut dah penuh, walopun kata org2 situ ada juga rumah2 penduduk yg suka di sewain tp kemaren sy ngak perhatiin sih.
      Dan disana banyak warung jd ngak usah khawatir beli minuman ato kopi.. yg jangan lupa dibawa cuman kamera aja koq ;)
      bulan depan kayaknya musim yg bagus soalnya dah ngak hujan
      Selamat berlibur ;)

  • Nice.. Makasih atas infonya yah.. Kayanya menarik kalo bulan ini kesana…

  • salam kenal,
    maaf, apakah punya no pak aji mid dan pak wardi yang lain? krn saya telpon ke-2 nomor ini ga bs dihubungi.

    • @Cherry : wah kebetulan cuman nomor itu aja yang ada :(

  • klo liburan bw anak2 10-12 th ke p tidung kira2 cukup fun gak ya….tx ya mas.

    • @Tika : tergantung anak2nya juga mba tika, kalo suka outdoor,pantai dan berenang pasti suka, tp kalo anaknya suka main mainan seperti yg di mall pasti ngak suka. Kalo buat anak2 sepertinya berenang /snorkeling bisa membuat anak ngak mau pulang :p. Apalagi kalo dah liat terumbu karangnya. Jalan2 di sepanjang jembatan penghubung 2 pulau nya sepertinya seru juga buat anak kecil. Tapi jangan berharap ada fasilitas seperti di kota hehe. Saran saja.. kalau anaknya agak pilih2 dalam hal makanan mending bawa bekal dari Jakarta, soalnya walopun ada warung buat makanan tp ngak banyak variasinya.

      Selamat berlibur Mba Tika….

  • mas gun,,blh tw gk kira2 selain penginapan yg direferensikan oleh mas gun kira2 ad lg gk??

    • @Fajar : kalo di Tidung penginapan cuman ada satu yaitu losmen 5 sodara aja ngak ada yang lain, walopun katanya bisa nyewa rumah penduduk tp sy belum pernah sih jd kurang tahu.

  • mas gun,
    mau tanya itu dari marina satu orang 300ribu??

    saya berencana mau ke tidung minggu ini.. ikut paket 295.000 segitu mahal gak yah kira2?? berangkat dari angke..

    • @Neli : yg 300rb itu info dari temen yg pernah naek dari marina pake kapal cepat, tapi sy juga dapet info terbaru kalo akhir april 2010 itu ada kapal dari marina ancol ke pulau tidung pake KM Kerapu berangkat jam 8.00 danb pulang dari Tidung jam 13.00 dengan tiket Rp.64.000 pp (jd lebihy murah dari muara angke), info ini sy dapet dari Page Fans Pulau Tidung yang ada di pesbuk. Sy paste aja deh :

      “Mulai Tgl.27 April 2010, KM Kerapu keberangkatan dari Dermaga Marina Ancol, mulai beroprasi dengan harga tiket Rp.64.000/pp …………………………………………………. Jam Keberangkatan : Marina Ancol – Pulau Tidung Pkl.08.00 WIB Pulau Tidung – Marina Ancol Pkl.13.00 WIB”

  • mmm.. lalu untuk penginapan, 200rb itu hitugannya per kamar ati per orang mas??

    untuk mas gun sendiri kemarin menghabisa biaya berapa satu harinya??

    • 200rb Per losmen dan kalo ngak salah inget maximal orang kata si pak haji tuh 6 orang per 1 losmen .. dalam satu losmen ada 1 kamar berisi 1 tempat tidur double, ada ruang tamu yang diisi 1 tempat tidur single dan ada ruang tengah yg ada kasur lipat/gulungnya, fasilitasnya kipas angin,tv, dapur+kulkas dan makan beli sendiri

  • mas mau nanya..losmennya gak ada ac nya ya? punya foto losmennya gak?

    • @marisza : cuma pake kipas angin aja , wah kebetulan ngak ada photonya.

  • mas, makasih sekali infonya. kebetulan juni nanti saya mau ngadain acar dengan jumlah peserta sekitar 50 orang. tapi saya masih bingung dengan akomodasi dan konsumsinya di sana. kira2 mas bisa kasih saran atau semacamnya. terima kasih :)

    kirim ke email saya ya mas
    worlda.odol@gmail.com

    • @dinia putri : Wow 50 orang banyak banget, pasti heboh tuh :p … kalo 50 orang sepertinya harus di rencanakan jauh2 hari dan yang matang soalnya pusing penginapannya hehe harus nyewa rumah warga juga. Kalo makanan cuman ada 1 warung nasi (yg saya ingat) dia juga nyediakan nasi box tp kalo untuk banyakan mending confirm dulu, minta no hp warung makanan ke pa haji hamid aja .. sy dulu juga di kasi tau ama dia.

  • thx atas infonya. sangat membantu.
    i.allah 2 pekan lg sy dn tmn2 berencana ke Tidung.

    :)

    salam.

    • @Faris : sama2 … selamat berlibur

  • Tgl 15-16 may 2010 ini aku mo kesanaaaa…
    wuuiihh dah ga sabar niy…
    lots of fun and photos is a must i guess.. ;)

  • wah seriusan neh kapal nya banyak kecoak??paling takut ma kecoa neh saya,,tp pengen ke p.Tidung,,,thx ya buat recomend nya

    • @Melliza : yg saya liat sih kecoa yg kecil2 bukan kayak kecoa rumahan yg gede2… kalo di tempat penumpangnya sih sy ngak liat .. sy liat di ruangan bawah yg ada mesinya hehe :p

  • Hai Hai Hai teman-teman semua!

    Nama saya Diana dari Team Langit Biru Adventure. Bagi teman-teman yang ingin menikmati indahnya kepulauan seribu, kami punya solusi-nya! Kami menawarkan program2 ke Pulau Tidung, Pramuka, Air, Semak Daun, dan masih banyak lagi. Harga dan gaya BACKPACKER pastinya, ;)

    Check foto2 trip kami di FB Langit Biru Adventure, atau ke http://www.langitbiruadventure.blogspot.com

    Yuk yuk yuk, FUN bgt lho! =D

    Regards,
    Diana

  • Kami mempunyai rencana liburan ke P. Tidung dengan rombongan 80 orang untuk akomodasi dan transportasinya bagaimana ya, mohon petunjuk

    • @Harmanuadi : WOWWWW pasti seru dan heboh tuh apabila ada rombongan 80 orang di pulau yang sepi seperti Tidung hehe … tapi EO nya harus extra kerja keras nih hehe
      saya cuman bisa kasih tahu yang saya tahu aja … perahu yang ke pulau tidung dari muara angke cuman 1 kali sehari itupun saya ngak tahu apakah akan muat 80 orang hehe.
      dan wisma cuman ada 1 itupun ngak kan muat 80 orang :( . Tapi mungkin pak Harman bisa hubungi contact yang sudah saya tulis tuk minta bantuan tambahan penginapan, soalnya kalau memang losmen penuh biasanya rumah penduduk suka jadi alternatif untuk menginap.
      Yang kedua masalah transport kalo memang banyakan gitu mungkin bisa carter perahu saja (cuman sy ngak punya Contact Personnya) atau survei ke Marina ancol apakah ada perahu yang bisa di Carter. Pengalaman saya ketika long weekend 28-30 Mei 2010 mau ke P.Pramuka di Marina Ancol kemaren walaupun rombongan kami cuman 7 orang tidak kebagian perahu hehe. Tapi kemarin untungnya temen saya banyak kenalan jadi bisa numpang speedboat yang ke Pulau Kotok.
      Tau kalau tidak mau terlalu pusing bisa pakai jasa perusahaan travel yang khusus ke Kep.Seribu, soalnya rombongan 80 orang benar-benar besar hehe
      Selamat berlibur …

  • klo dsn tempat penginapan ada yg cm kamar aja g??trus emang klo mau ke pulau tidung cm ada 1x keberangkatan y??apa emang jam 7.30,trus dr muara angke disblah mn y bwt naek kpalny…

    thx bro…

    • @nursito : yg cuma kamar aja ngak ada, disana cuman ada 1 penginapan yaitu losmen 5 sodara (khusus sabtu minggu untuk beberapa bulan kedepan agak susah di booking karena udah di booking oleh beberapa EO Travel ) , kalo dari muara angke cuman ada 1 keberangkatan (deket pom bensin buat kapal) dan sekarang dari marina ada kapal baru yaitu kapal kerapu yang ticketnya cuman 32.000-an dan perahunya lebih cepat dan lebih bagus tapi kapasitasnya kurang lebih 30 orang.

  • Wah mas infonya bermanfaat banget..
    oia aku mau tanya..aku kan rencananya mo honeymoon ke pulau tidung ala backpacker, itu sewa perahu buat snorkling mahal juga ya kalau untuk berdua..ada gak ya mas alternatif lain?? trus penginapan yang private / 1 kamar berdua??

    Thanks ya mas infonya..^^

    • @Adit : thanks juga …
      wah asik tuh buat honeymoon ;) .. tapi jgn over expectation soalnya disana ngak ada fasilitas apa2 kecuali pemandangan laut hehe
      sebenarnya kalo buat snorkeling ngak sewa perahu juga gpp tp lokasinya di situ2 juga.. kalo pake perahu bisa sambil lihat pulau2 terdekat lainnya, atau bisa sharing perahu sama pengunjung lain (kalo ada). Losmen 5 sodara private juga koq bisa di pakai untuk berdua ;) (max 6 orang)
      Selamat berlibur ..

  • mas gun…salam kenal….mau tanya…kalo info soal pemberangkatan yg dari marina, yg naik KM kerapu, ada nomor kontaknya untuk tanya2 harga pastinya ga?makasih ya sebelumnya….

    • @ndachou : Salam kenal juga …
      wah saya ngak punya no kontaknya .. tp kalo sabtu minggu di marina selalu ramai (2 minggu yg lalu sy ke p.pramuka tidak kebagian perahu) trus ngak bisa booking terlebih dahulu .. beli di tempat. Jadi harus pagi2 banget sudah antri.

      Untuk harga dan jadwal ini saya ambil dari spanduk yang ada:

      Pelayanan Transportasi Laut dari dan ke
      Kepulauan Seribu
      KM. Lumba-lumba dan KM Kerapu
      Dari Jakarta 8.00-8.30 dari Kep. Seribu 13.00-14.00
      Harga tiket Rp.25.000 s/d Rp.30.000 + Asuransi Jasa Raharja Rp.2000
      Lintasan 1 : Marina – P.Untung Jawa – P.Pramuka – P. Kelapa (PP) : KM Lumba-lumba
      Lintasan 2 : Marina – P.Untung Jawa – P.Pramuka – P. Kelapa (PP) : KM Kerapu
      Lintasan 3 : Marina – P.Untung Jawa – P.Pari – P.Pramuka – P. Kelapa (PP) : KM Kerapu
      Lintasan 4 : Marina – P.Untung Jawa – P.Lancang – P.Payung – P. Tidung (PP) : KM Kerapu
      Lintasan 5 : Marina – P.Untung Jawa – P.Lancang – P.Pramuka (PP) : KM Kerapu

      • oalah……berarti kudu nyubuh ya ke sananya…..tapi kalo subuh2 ke sana loket tiketnya udah buka kan ya?hehehehehe…maaf ya banyak nanya…soalnya qta rencananya yg pergi cwe2 smua…jadi takut aja kalo subuh2 harus ke sana,trus taunya di sana masih blm ada orang….hehehehhe….thk u so much….

        • Loket bukanya tetap pas mau berangkat sekitar jam 7.30-an lah … jadi subuh tuh cuman untuk antri saja hehe, btw sekitar akhir mei 2010 kemaren sy mau ke pramuka dan sampai di marina sekitar jam 6 lebih 20 menit yang antri udah puanjang benget. Tapi mungkin itu pas ketika long weekend mudah2an kalo weekend biasa ngak terlalu banyak.

          Gpp.. banyak nanya supaya ngak tersesat ;)

      • wow…….buka loketnya jam stgh 8,tapi ngantrinya harus dari pagi….mejik ya….hehehehehehe…tapi mudah2an itu hanya kejadian kalo pas long wiken aja ya…amin… :)
        hmm…emang KM kerapu kapasitasnya berapa sih?apa mungkin kalo qta udah ngantri panjang2..trus taunya ga kebagian seat,dan akhirnya ga jadi jalan….?
        atau mas gun punya referensi lagi di sekitar pulau seribu yg mungkin arus transportasinya ga sepenuh kayak ke tidung,tapi dengan view yg ga kalah keren…?
        makasih lagi..lagi… :)

        • Iya itu sepertinya ketika long weekend aja dan weekend biasa mudah2an ngak akan sepenuh itu.
          kapasitas KM kerapu sekitar 30 orang, pengalaman saya di dermaga pramuka sih seat langsung habis sama 2 orang pengantri yg paling depan hehe.
          kalo kemungkinan dapet sih naik di Muara Angke aja .. datang pagi2 banget trus duduk deh di perahu, ngak ada titip2pan tiket hehe siapa cepet dia duduk ;) dan juga kalau banyak penumpang biasanya ada tambahan perahu. Dan sebenarnya penumpang yang ke tidung tidak sebanyak yang ke pramuka.

          Kalau di kep.seribu saya cuman baru ke Tidung dan sekitar Pramuka saja. Kalau di Pramuka perahu lebih banyak soalnya yang naik kesana lebih banyak juga dan fasilitas wisata lebih lengkap di Pramuka.

  • di angkenya ada penitipan motor ngga bos….??
    kayanya bagus tuh pantainya…
    ngga kalah sama pulau pramuka…
    di sana bisa mancing kaya di p.pramuka atw p.damar ngga???

    thank`s infonya….

    • @biang_kerok : thanks juga …
      wah kalo penitipan motor gw kurang tau bro …
      kalo pemandangan p.tidung jauh lebih indah di banding p.pramuka apalagi pas jalan di jembatannya. Tapi kalau fasilitas wisata p.pramuka jauh lebih ramai dan komplit dari penginapan yg banyak trus ada penyewaan peralatan diving dll.
      Kalo mancing kelihatnnya di jembatan p.tidung lebih ok di banding di dermaga pramuka yang suka ke ganggu sama perahu. Tapi kalau masalah banyak tidaknya ikan wahh gw belum nyoba tuh ..

  • baru aja k tidung minggu lalu.. :D
    lumayan puas..snorkling di pulau karang beras sama pulau air…meskipun ikannya g banyak tapi lumayan baguss.. :D

    • @dee : wah saya belum pernah ke karang beras sama pulau air … sebelah mana tidung tuh ?

  • ada kenalan nomor losmen yang lain ga??
    soalnya ditempat pak haji udah penu.
    tx

    • @Gisela : wah sayang saya ngak punya contact selain pak haji :( .. kalo mau ..pake jasa EO travel yg suka ke tidung aja … biasanya mereka punya kenalan sama orang pulau dan memakai rumah penduduk sebagai penginapan.

  • salam kenal mas gunawan.. saya liat2 sangat seru kayanya liburan d pulau tidung ini.. tp bagaimana ikon disana? apa aman untuk anak2? trmksh, ditunggu replynya..

    • @intan : kata temen saya yang baru dari sana sekarang malah di jembatan tidung banyak anak2 yang loncat buat berenang dari jembatannya .. dan buat anak2 selama pakai pelampung aman koq.. cuman waspada ke bulu babi aja lumayan banyak di beberapa titik

  • halo..tolong booking buat tanggal 26juni dong, 4 orang, masih ada kan? bisa minta no hp yang bisa saya hubungi. thx..

  • dear mas yulius, sy dkk juga mau kesna tanggal 26 dan yg pasti ikut baru sekitar 5org_an? mau joinan gk biar murah? hehe. klo mau message ke fb sy aja yah stevaliciouzzz@yahoo.com

    thanks for mas gunawan. soo useful:)

  • salam kenal mas…..
    tertarik banget mau ke pulau tidung, habis liat program celebrity on vacation dan hbs baca blog nya mas
    tapi saya ini berada di banjarmasin, kalimantan selatan
    apa yang harus saya lakukan kalau mau ke pulau tidung, misalkan saya udah sampai di bandara cengkareng
    mohon petunjuk rutenya mas…
    klo bisa lwt email ke milawati85@gmail.com

  • mas sya mw tnya ada info paketan k pulau tidung 2 hari 1 mlm??budgetnya brp y???fasilitas yg didapat ap aj??mksh..

  • mas Gun lam kenal ya aku tertarik banget nih liat gambar2nya dan aku rencana mo pergi nih sama anak2 tapi mo minta explain dulu dong kalo yang dari muara angke itu daerahnya yang mana dan kalo dari marina itu marina yang mana? soalnya kalo bawa anak kan kalo enga jelas bisa repot deh. tq ya

    • @nadyahen : Sebelumnya saya jelaskan lagi bahwa di pulau Tidung itu ngak ada fasilitas pariwisata seperti yang nadyahen bayangkan. Jadi orang2 yg pergi ke Tidung benar-benar orang yang ingin mencari keindahan alam dan ketenangan hehe. Aktifitas disana cuman menikmati alam dan berenang.
      Saya pas kesana juga sebenarnya ngak tahu Muara Angke ada dimana, cuman percaya aja ke supir taksi minta di antar ke dermaga muara angke tempat keberangkatan ke pulau seribu. Dermaganya sendiri deket pom bensin buat kapal/perahu. Tapi yang pasti lewat pasar ikan muara angke yang bau hehe.
      Kalau dari Marinia lebih enak tinggal masuk ke ancol dan menuju Dermaga marina (ada petunjuknya lumayan jelas koq) cuman saya lupa pier/dermaga berapa yang pasti ada di dermaga yg paling di ujung (ini pun ngak mungkin salah dermaga lah hehe). Secara kenyamanan jauh lebih enak di Marina lagian sekarang ada kapal cepat dari Marina yang harga tidak jauh beda dengan di Muara Angke tetapi kondisi Perahu yang lebih bagus dan cepat. Pulangnya pun dari Tidung sekarang ada yang siang. Untuk jadwal dari Marina saya sudah kasih di Comment sebelumnya.
      Tetapi kalau lewat MArina harus pagi2 karena peminatnya pun banyak.
      Selamat berlibur

  • Sama Mas Gun… Saya tahun 2008 liburan ke pulau Seribu sama temen2 kuliah tapi bedanya saya ke Pulau Pramuka… Nekad juga sich waktu itu cz saya dan temen2 baru pertamakali ke Pulau Seribu dan janjian di terminal Muara Angke jam 05.30… Pagi amet, dan saya harus berangkat dari rumah naik taksi sendiri jam 04.00, maklum rumah di Depok… Wah ternyata pas sampe di muara angke, bau, genangan air hitam, orang2 juga pada ngeliatin kita, aduh2… Naik perahu nelayan di lantai 2 beralaskan tikar cz waktu itu cuaca cerah sekali, dijadwalkan jam 6.30 ternyata berangkat jam 07.30,, nunggu penumpng penuh… Setelah jalan, kapal berisik bangettt trus pemandangan air laut yang penuh sampah, bau busuk, sampe2 temenku ada yang muntah, hihi. Lama2 bete juga selama di kapal 2 1/2 jam kepulau walupun kita sambil maen kartu di kapal, akhirnya alhamdulillah sampe juga… Selama 3 hari disana mengelilingi pulau di sekitar pulau Pramuka dengan menyewa kapal nelayan puasss bangettt cz gak cuma liburan aja, sambil studi ke pengusaha2 ikan… Suasana di Muara Angke waktu berangkat terbayar bahkan banyak untungnya… Pulangnya bawa oleh2 ikan bandeng tanpa duri Nusa Keramba yang uenakkk banget…

  • Gan seru bangat ceritanya ..

    Kalo ada yang mau coba paket bisa di dilihat disini … harga murah sudah termasuk semuanya (info lebih lengkap silahkan lihat http://www.hematwisata.blogspot.com hubungi langsung 02196253989

  • Salam kenal….

    Makasih ya atas infonya tentang Pulau Tidung, sangat bermanfaat skali karna minggu dpan saya dan keluarga berencana liburan di salah satu pulau di Kep. Seribu…:)

    • iy mbak didin..tx juga infonya..saya cuman bsa ngikut aja …

  • slam kenal,
    jd ngerasa diri sndiri yg cerita nih,kbetulan taun kmaren sya jg main k pulo tidung yg beda sya k sana barng tmen yg asli anakpulo tidung jd ga pake ribet dia dah knal yg bwa prahu d mra angke,sampe pulo jg langsng k rumahnya jd ga sewa losmen.pnduduk sana jg bnyak yg nyewain rmahnya /prahu wat kita dngan biaya yg murah.krna tmen punya saudara yg nelayan kita mancing pinjem prahunya cuma byar solarnya+uang tip.klo yg hobi mancing baiknya beli umpan d angke kadang d tidung ga ada .DI jamin pengen dateng lg ke sana ,,wat yg blom slamat mencoba.

  • salam kenal, mau tanya dong kira2 kl saya pp ke pulau tidung bisa ga yah? ada kapal buat pulangnya ga ya? kl pun saya menginap, apa kira2 bisa langsung nekat tanpa booking2? takutnya dateng uda penuh, masa mau pulang lg :((
    thx

    • @babychaa : sekarang ada perahu yg pulang dari Tidung jam 1 siang jadi pp nya pun terlalu mepet sayang lagian yg jam 1 siang cuma sabtu minggu kalo ngak salah.
      wahh kalo ingin menginap mending booking dulu deh apalagi belakangan ini setiap sabtu minggu pulau tidung mulai ramai dan kemungkinan besar Losmen 5 sodara sudah full untuk sabtu minggu.

  • Salam kenal,
    Saya baru saja menelepon ke Pak Hamid menanyakan rate kamar. Ternyata sekarang sudah naik jauh ya. Untuk hari sabtu per losmen yg AC Rp 500 rb sedangkan yg non-AC Rp 400 rb. Mau tanya nih, apakah waktu itu pada saat pak Gunawan kesana harus tawar menawar dulu?

    • @rusmiyati : Salam kenal juga …. ngak tawar menarwar sih langsung dikasi 200rb … wow lumayan juga yah naiknya .. mungkin karena sekarang tidung sudah mulai ramai kali …

      • Iya nih mas. Untuk bulan Juli saja sudah full booked di losmen Pak Hamid. Ada yg kosong baru di bulan Agustus. Kalau mau ikut paket travel, kebanyakan minta kelompok isi 5-10 orang. Padahal aku cuma berdua dgn suami.

  • wah.. infonya berguna banget, kebetulan akhir bulan ini Insya Allah saya mau ke p.Tidung dan bawa anak2.
    Kira2 aman gak yaa bawa anak2 umur 5 dan 3 tahun?
    Soalnya agak khawatir justru di kapalnya yg dari Angke.. cukup aman gak yaa buat anak2? terus untuk penginapannya apakah cukup bersih untuk bawa anak2 yaa?

    Terimakasih infonya yaa..

    • @Dian : wahh .. sy takut level ‘aman’ kita berbeda hehe tapi yang pasti banyak anak kecil juga koq yg naik perahu dari Muara Angke, trus di ojeg perahu tsb tersedia lifevest yg warna orange nge-jreng walopun ngak sebanyak penumpangnya hehe. Losmen 5 sodara sih bagi saya dah cukup bersih. Bagi saya sih selama penumpang nga terlalu membludak lumayan aman soalnya terakhir yg saya tahu wisata Tidung sudah mulai menarik wisatawan sehingga makin ramai.

      Makasih juga mba Dian ;)

  • Salam kenal, mau tanya dong kalo dari dermaga marina yang 64.000/PP itu dalam satu hari atau satu hari satu malam? bisa minta link untuk informasi tersebut? thanks :)

    • @Nia : itu saya dapat dari group page Pulau Tidung di facebook, tetapi setelah sy lihat spanduk di pramuka juga benar kalo ada kapal cepat dengan harga tiket Rp.25.000 s/d Rp.30.000 + Asuransi Jasa Raharja Rp.2000. Jadi intinya sekali jalan sekitar 25rb-30rb + 2000 utk asuransi. Mau pulang hari atau tidak juga nga masalah

      Btw salam kenal juga …

  • mas, itu perahu yang buat ke pulau tidung nyewanya 250 ribu? kalo cuma bertiga apa mesti bayar segitu juga? soalnya ada satu blog orang yang bilang nyewanya itu pake harga perorang. itu gimana jadinya mas? makasih sebelumnya

    • @Mayla : wah setahu saya sih perahu tuh sewa, soalnya di sana ngak ada trayek khusus kaya angkot .. kecuali kalo sekarang ada saya kurang tahu ;) Mungkin yg per orang tuh perahu dari angke ke tidung hehe. Sy juga waktu ke tidung bertiga dan tetap sewa 1 perahu, mungkin sekarang harga sewanya sudah naik kali karena beberapa temen saya yg sudah kesana pada gerutu sekarang di tidung terlalu komersil dan kalau sabtu minggu sudah ngak bisa photo2 di jembatan dengan suasana tenang hehe .

  • mass, nomor teleponnya uda di update belum ? sy mau kesana nih soalnyaa hehe

    • @Redo : kayaknya no masih tetap yg itu ..

  • Alhamdulillah, waktu saya ke P. Tidung, suasananya masih sepi. Bisa berenang-renang, main-main di pantai serasa milik pribadi, karena gak banyak orang. Tapi sekarang, denger2 Pulau Tidung itu suasananya rame banget, seperti pasar malam. Karena pengunjungnya membludak …

    Waktu itu saya menginap di Villa Lima Saudara juga, dan karena penginapnya cuma sedikit, rasanya seperti di rumah sendiri, karena diperhatikan langsung sama Pak Wardi nya hehehe ….

    • @Bart : iya sekarang pada komplen terlalu ramai katanya ..

  • Brp jam sih perjalannanya????

    • @Indah : kurang lebih 3 jam

  • mas makasih ya infonya rencana kita mau jln kesana,contact personnya dulu sama siapa ya mas?thanx banget

    • @acen : dulu sy di dadak datang langsung kesana …kalo contact person bisa hub. org2 yg telah sy tulis di atas.

  • klo brngkat dr marina parkir kendaraan (mbl/mtor) dmn bro..!!!

    • @mul : Di parkiran dermaga marina ancol, dulu pas ke p.pramuka mobil di tinggal 2 hari gpp.

  • Salam kenal,
    mau nanya donk, klo saya berencana berangkat nya dari pantai Marina Ancol, ada contact person ga utk nanya2 kapal nya?
    saya dan tmn2 saya mau tau kapal yang dari Marina jam berapa aja yg ke Tidung?
    klo biaya per orang nya berapa?
    Kapasitas kapalnya brapa org nya?
    Dan klo emang kapasitas kapal nya emang kecil, bisa di charter ga ya?
    makasi banyak sebelumnya

    • @Tanty : wah ngak ada tuh mba … langsung kesana aja ..siap2 antri aja hehe
      Biaya sekitar +-30rb (sekali jalan) satu kapal ngak muat banyak .. mungkin sekitar 20 s/d 25an lah, jadi kalo tidak kebagian harus ke Muara Angke atau ikut naik speedboat yg ke kotok atau sepa dan ongkosnya lumayan mahal +-180rb (tp kenceng banget)

  • Bos, gw sih bukan utk liburan, tp utk urusan kerjaan sekitar 3 hari.
    Mo nanya, kalo di hari kerja jadwalnya sama?
    Kalo yang speedyboat, adanya jam berapa aja, muat berapa orang dan berapa lama perjalanan?
    Begitu juga sebaliknya, ada gak speedyboat P.Tidung – Jakarta? Jam berapa aja?
    Itu 180rb ya?

    Thanks a lot Bos sebelumnya..

    • @Komara : hari kerja setahu saya sih jadwalnya sama ..
      speedboat ada 2 macem ada yg pake kerapu ongkos kurang lebih 30rb itu muat sekitar 25 org dan terakhir sy tahu ngak bisa di booking siapa cepat dia dapet (dari marina ancol info kapal ini ada di comment atas) tp sy sendiri belum pernah merasakan perahu ini baik ketika ke tidung ato kalo lg jalan ke pramuka.
      satu lagi yg 180rb itu speed boat yg ke pulau sepa ato kotok .. cuman belum tentu dapet dan jalan juga .. kalo ngak ada pengunjung yg ke kotok atau sepa speedboatnya juga ngak ada ato kebalik kalo lagi penuh pasti ngak kebagian. Cuman justru sy lebih sering dapet boat ini ato ojeg kapal yg dari muara angke.

      Perbandingan kalo pake ojeg perahu kurang lebih 3jam tp kalo pake speedboat kurang lebih 1 jam. Terakhir sy pulang dari p.pramuka (kurang lebih sama dgn tidung jaraknya malah kayaknya lebih jauh dikit) pas tidak kebagian perahu reguler karena saking penuhnya.. untung 1 jam berikutnya ada org ngajak pulang pake speedboat pribadi dan sekitar 45 menit nyampe marina.

      • Masa’ mau jadi nelayan mulu bos, lagian cari ikan makin sulit.

  • Hahahha tq boz atas info nya ane juga penjelajah pulau nih tapi karna waktu ane sempit jdi ane jarang” ke pulau hehe pulau pramuka lumayan bagus tpi disana penginapan mahal 450rb per hari komplit huft

  • Terima kasih atas infonya….
    Kayak nya indah sekali tuch tempatnya mas..?
    mahal sekali ya semuanya mulai dari penginapan sampai transport nya?
    Salam kenal

  • mkasih bnyk unk info’a…
    btw, klo dr marina ancol k p.tidung sekitar brp yupz?

    • @Fetris : sama2… makasih juga dah mampir ..
      kalo yg di maksud ongkos … dari marina itu 30rb-an pake kerapu tapi antrinya panjang
      kalo numpang kapal cepat yg ke kotok atau sepa … 180rb (itupun kalo kapalnya mau mampir lewat tidung)

  • mau tau paket wisata termurah ke pulau tidung??? Kunjungi aj http://tidungizland.blogspot.com terlengkap dan terhemat :-)

  • itu harga kamar yg 200 ribu bwt 6 org masih apa enggak bwt akhr tahun??

    tlg bantu info nya y,soal nya mw ksana akhr tahun..

    • @bembi : terakhir sy tau sih dah ngak segitu lagi, tapi sekarang sudah bnyk koq penginapan yg laen. Kalo msh ada ato ngak mending telpon aja ke pak haji yg punya losmen

  • mas klw saya mw booking tmpt disana gmn cr nya y??
    saya g ada CP atw knalan disana tuh,mw berlibur tp bingung..

    kita kan mw tahun baruan disana,
    kira2 10 org lah,

    per org nya kira2 kna berapa y?
    untuk penginapan 3 hari 2 mlm & ditambah biaya makan,speda sm yg lain2..

    tlg dibantu info nya y mas??
    klw ada CP disana&pengingapan murah tlg ksh tw,
    thanks ^_^

    • @bemby : expectasi tidung nya jgn terlalu tinggi takut kecewa he2 soalnya skarang sudah agak komersil n terlalu rame. Cp sy sih pak haji pemilik losmen saja soalnya sy berangkat nya go show ngak di planning

  • hai mas, mau nanya dong, ada kontak pak Haji yg punya losmen 5 sodara itu kah? makasih banyak yaaa

    • @Bunga : No Kontak Pak Haji Hamid.. dah saya tulis di atas ..
      Selamat berlibur..

  • di sana ada sewa kapal buat mancing nya ga ??? makasih ,, tolong kasih tau yah???

    • @akbar : sewa kapal ada biasanya perahu kayu yg kecil yg muat 6-8 org buat snorkeling, kalo buat mancing sy ngak tau kriterianya cocok ato ngak ;) , bisa hub pak wardi aja , no hp nya ada di atas

  • kl yg home stay ad ga? bisa kasih info kontaknya…

    • @ayu : sorry .. kalo home stay saya ngak punya kontaknya

  • mas kalo ikan ikan dsana boleh di tangkap ga ya?

    • @gerith : wah kalo itu kurang tau ‘kayaknya’ sih gpp soalnya banyak org yg mancing juga

  • Pulau tidung emang mantab…. ane pernah sekali kesana waktu ngerayaiin lulus ujian dulu….. :)

  • untuk bulan maret 2011,Sabtu-Minggu
    kira-kira biayanya berapa ya kalau boleh di total semua / orang

  • Wah, Pulau Tidung memang cukup oke juga buat alternatif libura..

    Salam kenal

  • salam kenal
    aq mau tanya dong sekarang kl sewa alat snorkeling kisaran brp duit y?
    trz losmen Bpk. Haji Abd Hamid itu berupa Home stay bukan?

    • @Silvi : kalo sekarang kurang tau mba … bisa jadi harga yg sy tulis sudah ngak valid ..
      losmennya kayak hotel2 melati gitu .. dgn service tipikal penginapan di pulau tapi OK

      • satu losmen ituh bener bs muat 6 orang?

        • @Silvi : yup kondisi terakhir sy kesana , ada kasur besar 1, yg single 1, ada kasur gulung 1 dan masih ada karpet sama tikar :p

  • Teman2 Yang mau BBM an silahkan di add y pin: 310857F5 atw YM : kjajul@yahoo.com dan bisa jg di FB : bandar pulau tidung !!!

    info2 PAKET MURAH LAGI MENYENANGKAN lainYa silahkan lihat Website ini : http://bandarpulautidung.blogspot.com
    Slide Pulau Tidung : http://www.slide.com/r/NtsBiXrM3j8L6iR2w4ob636qJhtnBlu8

  • klo buat bulan madu bisa gk ??
    biaya nya berapa ??
    fasilitas yg di dapatkan apa saja,hub saya di no 085711299525

  • salam kenal Mas Gun…

    Mau tanya ya.. kebetulan kita ada rencana ke pulau tidung melalui EO dan berangkat dari Muara Angke… masalahnya.. saya berencana membawa anak2 usia antara 5 s.d 9 Tahun.. apakah cukup aman dan nyaman buat mereka (anak2 tsb).. maksudnya untuk perjalanan dengan perahu yang memakan waktu lumayan lama ( 3 jam ya..).. takutnya mereka malah mabuk laut krn di ombang ambing gelombang dan masuk angin di jalan krn kapalnya setengah terbuka bukan.. ?? dan apakah ada kamar kecil bila di perahu tersebut…??

    Kira apa saja yang perlu diperhatikan bila membawa anak2 kesana….

    tks atas informasinya…

    • @ami : salam kenal, juga. Kalo mabok tidaknya mungkin tergantung anaknya .. tapi sy sih suka lihat ada anak kecil di perahu. Kapalnya terturtup kalo yg setengah terbuka biasanya itu yang di atas, dan saran saya sih mending di dalam/bawah supaya goyangannya ngak terlalu terasa kuat dan minum obat anti mabok supaya ‘tidur pulas’ hehe. kamar kecil ada.
      Buat anak2 yang makannya susah mending bawa sendiri, soalnya makanan di pulau bener2 seadanya .. apalagi sayurannya.. kurang fresh.

  • oh yaa.. kalo boleh sharing pengalaman jalan2 lainnya…kebetulan saya hobby juga travelling.. tks sebelumnya…

  • Teman2 terimakasih sudah membantu memasarkan pulau kami dan penginapan kami.
    Saya sarankan teman2 kl ingin wisata kepulau kami mengutamakan penginapan 5 saudara karena penginapan 5 saudara merupakan penginapan termurah dan teraman di pulau tidung terimakasih warga tidung

  • bos…..,klo sya sewa 1 losmen, truz di dpan/diblakang losmen itu sya buat tenda(champing),kira2 boleh ga yah…..,coz buat menekan biaya juga.

    • @Nana : wah kalo losmen tempat ane nginep mah ngak ada space buat diriin tenda hehe :p ….. tp sekarang sih penginapan buanyak bangettt dan kayaknya murah2, dan kalo buat rame2 mah sewa 1 losmen jatohnya murah banget :D .. tapi kalo mau bawa tenda mah ‘mungkin’ kalo di izinin pasang di pulau tidung kecil yg tidak berpenghuni (kalo masalah boleh tidaknya pasang tenda di tidung kecil sy kurang tau) ….. cuman kalo pengalaman sy pas ke pramuka, sewa di rumah penduduk kita tidurnya sebagian malah di teras rumah yg lumayan nampung banyak :p

  • singgah disini^^

    thanks yaa buat infonya :)

  • Diri in tenda di tidung kecil boleh kok..
    cuma izin ame penjaga pulau,tapi di Tidung kecil air tawar agak susah.

  • haloo aku berminat mau ke pulau seribu, tapi aku bingung antara ke pulau tidung atau pulau pramuka, mohon infonya dong, thanks :D

  • Bos, mohon update keadaan tidung island per sekarang. apakah masih Ok apa gimana ? Terima kasih

    • @Vicky : wah saya dah lama banget ngak kesana .. takut ngak valid info nya … terakhir sy kesana penginapan cuma 1, rumah makan cuma 1, ngak ada operator snorkeling apalagi selam , ketika ke jembatan cinta yg parkir-in sepeda cuma kami bertiga .. moto jembatan bisa leluasa karena sepi , sepanjang mata memandang ngak ada satu orang pun yg berenang di laut, di muara angke dulu perahu yg ke pramuka lebih banyak dan lebih cepet penuh sekarang kebalik .. tapi menurut temen yg udah balik dari sana sekitar 0ct 2011 suasana sudah ramai walopun masih tetep asik .. penginapan dimana2, tempat makan banyak , ada jetski sama banana boat … tp dari cerita temen saya sih keliatannya dia enjoy ..

    • thaks gan atas postingannya.. usul ane sekali-kali buat postingannya juga untuk pulau harapan. mohon bantuannya. makasih gan

    • Manstab gan ane sebagai orang tidung bangga bisa di postingin ruamah ane..

  • boss, klo ke pulau tidung, pulau kotok atau pulau ayer gak nginep alias cma seharian ajas disana dan gak pake paket, tu bayar biaya naik speed boat aja yah? tu bisa gak sih? saya mau liburan kesana tahun baru ini. tolong dibalas secepatnya

    • @kuru muru : sebenarnya bisa pulang hari tapi jangan pake kapal yg dari muara angke … harus pake kapal cepat .. kalo pake kapal muara angke perjalanannya aja bisa 2-3 jam kalo pp kurang lebih 5jam-an ….. kalo pake kapal cepat kurang lebih 1 jam perjalanan

  • kalo yg dr muara angke tu kapalnya ada jam brp aja?

  • ane mao nanya gan.. kalo akhir maret sampe april 2D1N gitu min. 2 org lah berapa ya ongkos yg mesti dikeluarin… penginapan gausah yg wah.. yg std aja.. maklum masih sekolah.
    kalo ada info sms ke no ane gan!!
    ni nomernya 089635543850. kalo emang sesuai, and cocok. ane ngikut reservasinya dari ente gan!!

    • @Akhii : wah kalo ane bukan operator travel gan hehe … tp kalo ada operator travel yg baca moga bisa bantu

    • pulau pari sepi tuhh

  • Akhii@ kmrn w bhs keplau tidung. Ada penginap’n. Murah 50rb sehari ada ac,tv sma kipas angin. Untk brdua ckup lah.

    • serius jeng? boleh minta kontak penginapan murah itu buat liburan november ini hehe

  • saia udah ke tidung thn kmren tp tu 10 0rg dng biaya 1 org 275ribu tapi kalo sekarang ga tau deh berapa…
    emang indaaah bgd deh ga nyesel ke sana…
    suasana’y sepii, tenang..
    maen banana boat di sekitar icon tidung yaitu jembatan cinta..
    poko’y mantaaap laaaaah hehheeeee……

  • Pulau Tidung memang Recomended untuk liburan,,
    Tengkyu Meleber,,..!

  • jalan jalan yuk

  • gan kalo nge’camp buka tenda di tidung kecil bisa ga’ yaaah?thanks

  • Pulau Tidung memang destinasi wisata yg paling mantap,,
    makasih Meleber..

  • ada villa murah gak di pulau tidung kapasitas villa nya 30 orang, trus sama makan 3x sehari buat 2 hari

  • Pulau Tidung memang destinasi wisata yg paling mantap,maka dari itu, mari kita sama2 menjaga,
    Tengkyu Meleber,,..!

  • gan kalau bisa pulau pari juga yah gan.. mohon kerja samanya. thaks gan

  • di tunggu kedatangannya di PT yang permai dan mempesona xixixixi

  • Fotonya keren-keren mas maleber. jadi pingin main ke Pulau Tidung nih tapi musim hujan gini rasanya gimana ya?

  • Gan….. Sekedar Info skarang banyak Homestay yg bagus2 yg jadi primadona di
    Pulau Tidung, View laut dan ada Saung Tradisionalnya di pinggir laut, Mantap khan??
    Hubungi Aja Bpk. AJIE: 0812 1049 5968
    atau Coba deh liat link dibawah ini, smua info dan foto2nya ada disana.

    http://id.88db.com/indonesia/DKI-Jakarta/Perjalanan-Wisata/Penginapan/ad-703514/

  • Jembatan cinta pulau tidung sudah selesai di perbaiki.
    Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

  • wah,foto nya keren banget gan.hem,pulau tidung memang penuh dengan keistimewaanm,terutama obyek wisata baharinya sungguh sangat menakjubkan.tentu jika berwisata ke pulau tidung,para pelancong akan sangat senang.ok,salam kenal dari pulau tidung gan.thanks artas artikel nya.

  • Pulau Tidung cocok untuk liburan sekolah.

  • Pulau Tidung dengan menjadi salah satu tujuan wiasta di jakarta ada sisi positif dan negatifnya.kita sebagai orang pulau ambil yang positifnya saja.
    makasi maleber

  • Sudah menjadi resiko pulau yang banyak dikunjungi pasti ada dampak positif dan negatif. Kesadaran kita bersama untuk tetap melestarikan semua yang ada, bukan hanya warga pulau tidung. salam wisata bahari.

  • coba deh maen ke pulau pari, yang lebih dekat jaraknya dari muara angke bisa, atau pun dari rawasaban

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Contact : gun_ip@yahoo.com

Album Photo lengkap ada di : pictures.maleber.net