Pantai Sawarna, Bayah Banten

Mar 19, 2010 by     108 Comments    Posted under: Banten, New Posts, Pantai / Laut, Places

Pantai SawarnaPantai Sawarna yang menghadap ke samudera hindia terletak di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Bayah sendiri terkenal karena tambang batubaranya. Di halaman-halaman rumah di sini biasanya banyak tumpukan benda yang berwarna hitam tersebut untuk di jual. Konon ketika jaman penjajahan Jepang dibangun jalur kereta api ke bayah untuk mengangkut hasil bumi tersebut. Ongkos pembangunan jalur rel yang amat sangat mahal karena mengorbankan banyak nyawa pekerja romusha.

Jam 11.30 siang masih di hari yg sama selasa 16 Maret 2010 melanjutkan perjalanan dari Pelabuhanratu, kondisi jalan sudah mulai menurun karena titik tertingi sudah mulai terlewati dan terlihatlah dengan jelas keindahan teluk Bayah di ketinggian, yang berada di sebelah kanan jalan yg benar2 keren. Ternyata dengan berbekal GPS dan Googleearth perjalanan menjadi lebih mudah, kami dengan cepat dapat mengenal kondisi lokasi daerah sekitar walaupun sama sekali belum pernah kesana. Kami tidak perlu bertanya2 pertigaan Sawarna-Bayah dimana, tinggal tunggu suara anak kecil yang akan bilang “300m Belok kiri”. Dan yang paling membantu adalah perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke spot yg dituju selain informasi letak pom bensin , hotel dan tempat makan yang cukup akurat hehe.

Pantai SawarnaPantai Sawarna
Perjalanan Ke Desa Sawarna, Bayah Banten

Tidak lama setelah kami belok kiri di pertigaan Sawarna-Bayah kami memasuki kawasan pantai wisata Pulo Manuk (hmmm ada hubungan dengan Pulau Burung di belitung kagak yah heheh). Sebentar kami di Pulo Manuk karena hari sudah mulai siang lalu perjalanan di lanjutkan ke Sawarna. Dan dititik yang cukup tinggi kami melihat pemandangan pantai sawarna yang susah untuk di deskripsikan hehe. Kami ngopi dan istirahat di titik terebut karena kebetulan ada warung kopi. Suasana sepi di tempat tersebut membuat saya lebih betah untuk berlama2, tetapi berhubung perut sudah keroncongan dan emang waktu yang sempit kami akhirnya teruskan perjalanan ke kota Bayah untuk makan siang. Dan justru saya lebih menyukai pemandangan dan suasana sepi pinggir pantai Karang Taraje antara Sawarna-Bayah sayang saya tidak sempat mengabadikan gambarnya.

Pantai SawarnaPantai Sawarna
Pantai Sawarna
Pantai Sawarna

Pantai2 di Bayah merupakan satu dari sekian banyak tempat di Indonesia yang berlabel Hidden Paradise yang belum tersentuh oleh industri Pariwisata, hanya orang-orang yang punya minat khusus aja yang datang dan mengenalkan tempat2 seperti ini melalui mulut ke mulut serta tulisan artikel2nya di Internet.

Setelah makan siang yang telat sekitar jam 14.30-an kami harus balik jakarta dan melewati jalur yang sama ketika kami berangkat yaityu ke arah Cisolok lalu Pelabuhanratu dan Cibadak. Ketika memasuki areal hutan harus extra hati2 karena turun hujan dan jarak pandang bener2 pendek karena tertutup kabut untung cuman sebentar selepas beberapa menit hujan reda dan kabut pun hilang.

Setelah dengan percaya diri berbekal GPS keluar masuk tempat terpencil, dan pas jam 00.30 malam ketika mau antar mobil ke rumah temen saya di daerah Fatmawati Jakarta Selatan GPS mati total karena baterenya habis, dan tersesatlah saya di daerah Cipete-Darmawangsa, seperti orang linglung nyetir mobil tengah malam keliling-keliling di lokasi itu2 juga hahaha… akhirnya menyerah juga .. dan telpon yg punya mobil minta di jemput hahaha

Perjalanan libur satu hari yang cukup melelahkan.. sepertinya kalo ada waktu akan saya ulang perjalanan ini sampai ke Ujung Kulon dengan syarat cukup waktu dan uang tentunya :D

Artikel Terkait :

108 Comments + Add Comment

  • [...] Pantai Sawarna, Bayah-Banten Posted by gunawan.ip Places Subscribe to RSS feed « Lembang & Tangkuban Perahu, Bandung Utara Pantai Sawarna, Bayah Banten » [...]

  • oomm..disana nginepnya dirumah warga yah?? biayanya berapa om?

    • @savend : kebetulan nginapnya ngak di bayah tapi di pelabuhan ratu

    • @savend skrng klo mau nginep di sawarna ga perlu bingung lg, dah ada penginapan yang fasilitasnya lengkap,ada tv,ac,closet duduk,shower,dan yang pasti deket sm pantai namanya little hula hula resort itu villa yg sy kelola yang bernuansa full kayu yang uniq dan pemandangannya jg keren depannya pantai belakangnya sawah gunung dan sampingnya kebun pokonya cocok tuk orng yang jenuh dengan kepenatan dan kebisingan,hub mila aja klo mau ke sana di 081911920777-081646992036.sy siap membantu.trims

      • Sekalian dong…. dengan biayanya, perkamar berapa dan cukup utk berapa orang.

  • Berawal dari cari data ttg pulau pramuka, akhirnya saya membaca semua tulisan anda, salut! Traveller sejati euy! Sudah pernah ke Pulau Umang (+ pulau Oar) yang nyaris di Ujung Kulon? Saya udah, .. boleh dicoba.

    Satu lagi, udah tau mercusuar di Pulau Lengkuas Belitung kembar sama mercusuar Anyer, Banten. N Sempet lihat batu granit besar berbentuk telapak tangan Sun Go Kong yang terletak di belakang vihara Kwan Im di Burung Mandi?

    SALAM KENAL.

    • Salam kenal juga ..
      Nah itu dia sebenarnya planning jalan sy pengen ke Ujung Kulon snorkeling di pulau peucang atau Ciputih ..tp kalo cuma sabtu minggu kayaknya kecapean .. lg nunggu momen ambil cuti yg tepat nih :)..
      wah kayaknya sy ngak telapak tangan Sun Go Kong nih ..:(

      Thanks infonya Clara ..

  • emh…jangan kapok ya…maen kesawarna….

    • @Dayu : sepertinya malah harus balik lagi kesana soalnya bentar banget .. dan juga sekalian mau ambil handuk sy yg ketinggalan di warung pas tanjakan hehehe

  • SEBUAH SAJAK SEDERHANA TENTANG PANTAI SAWARNA DI DAERAH BANTEN SELATAN SAAT KAU DAN AKU MENCOBA MERAJUT KEMBALI KAIN-KAIN KEHIDUPAN KITA BERSAMA YANG MULAI KOYAK DAN MENCARI MAKNA MIMPI YANG SETIA MENEMANI TIDUR KITA DI MALAM-MALAM BUTA

    kugenggam tanganmu erat-erat
    susuri pantai yang memerah
    pandangi karang pulau manuk tegak di cakrawala
    dengarkan sapaan samudera yang bersatu di gerbang atol
    rasakan air gelombang yang manja mengelus kaki-kaki kita
    nikmati surya yang sesaat hendak berlalu
    perahu-perahu nelayan lempar sauh mengail kehidupan

    pasir lembut yang kita pijak
    guratkan jejak langkah yang berjajar bersama
    angin lembut yang ramah menerpa wajah
    hantarkan burung terbang bebas melayang
    gemerisik nyiur iringi kita yang terdiam tak berkata-kata

    surya makin memerah di cakrawala
    rasakan keindahan yang seakan hanya milik kita
    semakin erat jariku menggenggammu
    hantarkan rasa yang kau dan aku tahu
    suara gelombang memecah bagai senandung maestro semesta

    tanpa kata … kau dan aku isyaratkan berjuta makna
    janji lama yang bertahun-tahun iringi kita bergema kembali
    beban kehidupan terasa kabur tak berbekas
    kenangan-kenangan indah melintas di kemerahan senja
    berbayang dikeceriaan bocah-bocah yang dititipkan pada kita

    pasir yang beterbangan bersama kesedihan
    memerahkan mata, mengejutkan sukma
    jilatan gelombang pasang di mata kaki
    sadarkan kita akan kehidupan yang makin senja
    lewati waktu dan jaman dengan bijaksana

    surya semakin turun terbelah garis bumi
    berdiri kita menggapai sisa sinar yang meredup
    hantarkan malam yang menjemput
    biarkanlah matahari itu terbenam di hati kita
    agar kita tetap terjaga walau mimpi-mimpi selalu menghampiri.

    Mei 2009

    … Salam Kenal Mas,
    saya coba berbagi puisi yg saya buat waktu itu saat bersama istri mengunjungi salah satu keindahan ciptaanNya di Nusantara tercinta ini di tahun ke-17 kita berbagi hidup bersama.
    Terus terang saya kagum dan pantai ini memberi inspirasi pada kita berdua untuk sama2 mengarungi kehidupan yang makin complicated ini.
    Waktu itu kita nginep di bungalow kayu pas di pinggir pantai, no TV, no electricity dan sumur timbanya (masih ada nggak yah ?).
    Terima kasih sudah kembali mengingatkan … Peace !

    • @Mahdie : wowww untung sy tidak jadi membuat sajak buat melukiskan keindahan sawarna hehe karena kalau lihat sajak ini jadi minder………. thanks Om sajak nya …

  • Oh iya kelupaan … kalau mau berbagi makna kata silahkan saja kunjungi blog-ku di http://mahdiequintana.blogspot.com.

    Salam & tetap berpikiran merdeka !

  • haLLo ka”

    hmmmm…..sumpah aku kaya orang yg merugi baca artikelnya
    soalnya aku mau bgt kesana !!

    pantai bayah !!!
    otak ku gk henti2nya mengkhayal ada di pinggir pantai itu!

    aku mau kesana tapi sama siapa ??

    temen aku udah kesana bulan feb 2010 kmrin tapi aku gk ikut soalya sakit !

    itu dia klo sabtu dan minggu huuuffz kyanya cape bgt !!

    indah bgt gk ci ka’ pemandangan disana aslinya ??

    klo naik motor kira2 brapa lma yah perjalanannya???

    • @Wulan : wah sayang ngak ikut padahal pemandangannya keren apalagi sepanjang pelabuhan ratu ke bayah .. jalanya naik terus dan lihat laut dari atas bukit… hehe
      sy malah pergi (dari Jakarta) sama temen pas tanggal merah 1 hari saja .. tapi masih enjoy koq walopun ‘betul’ kurang lama :p
      berangkat malem dan nyampe pelabuhan ratu jam 12 ato 1 malem lah .. nginep dulu .. paginya di terusin ke Sawarna.
      Kalo naek motor sepertinya ngak jauh beda sama mobil cuman lebih cape kali :p

  • ralat mas, bukan kabupaten labak, tapi kabupaten Lebak.
    saya waktu sekolah, sering ke pantai pulo manuk, malah pake nginep segala (bikin tenda)
    pantai Banten selatan emang kren2 mas…

    salam kenal. :-)

    • @yaser : salam kenal juga .. ups salah ketik ya.. thanks koreksinya ..
      Setuju sebenarnya wisata alam dan budaya Banten keren2 tinggal di kelola dengan lebih bijak.

  • yuppp.. bner banget mas….
    sarana dan prasarana nya minim banget, padahal kalo dikelola dg baik, saya yakin pasti akan tambah rame lagi.
    selama ini kan promosi wisata pantai selatan banten hanya dari mulut ke mulut aja, dan tulisan2 di internet/blog seperti mas ini (iklan gratis… hehehe….)
    saya kadang ga ngerti/heran…. kok dari dulu pemda, baik itu propinsi maupun kabupaten ga ada perhatian sama sekali….. padahal dg membangun sarana yg baik/bagus…. ujung2 nya memajukan kesejahteraan masyarakat jg kan…. :-)

    ntar deh kalo saya jadi pejabat di banten, sya bangun banten selatan, wkwkwkw….. :-)

  • Saya asli dari daerah Bayah, Terimakasih telah mempromosikan daerah Bayah… o ya, dari pelabuhan Ratu ke Bayah belum pernah nyoba pake jalan yang lewat Cikotok ya mas? ya walaupun ga bakalan liat pantai tapi liat keindahan “Leuweung TNGHS” dari sepanjang jalan mungkin gak kalah keren dan sampai di Cikotok kita bisa liat sebuah bangunan tua yang dulu ada di buku pelajaran IPS SD bahkan duniapun tau yaitu kantor PT. ANTAM CIKOTOK.Tbk

  • salam kenal…;)

    saya sudah 3-4 kali ke sawarna..dan GAK PERNAH BOSEN..

    memang pantainya masih alami dan bersih dari sampah plastik,
    klo kesana coba sekalian ke tanjung layar ada diujung pantai sawarna, klo di foto 1 itu adanya paling ujung tuh..
    tempatnya bagus seperti kolam renang raksasa..air bening dan ombak tenang karena ada penahan gelomabang alami….
    bisa juga nginap di rumah penduduk, banyak bule disana mau surfing…

    • @msaptadw : iya kemaren ngak sempet ke tj layar .. karena cuma sebentar

    • mau tanya bro? kamu khan sdh sering ke pantai sawarna boleh tau tidak jalan menuju kesana….soale saya juga pengen main kesana tapi tdk tau jalannya trim….sy tinggal ditangerang….boleh minta bantuan dan petunjuknya klo bisa sich detail lah biar kagak nyasar hehehehe…mungkin sy mau kesana entar taon baru nich……….trims salam kenal….

      • @gunardi : wah saya cuma baru nyoba jalur pelabuhan ratu saja … (belum pernah lewat jalur pandeglang-malingping-bayah)
        Kalo dari jakarta keluar dari tol ciawi ke arah cibadak-sukabumi dari cibadak ada 2 jalur menuju pelabuhan ratu . .mau lewat cikidang (ambil kanan) atau lewat jalur biasa yg ke pelabuhan ratu (lurus terus) … sy sendiri sih lebih suka jalur cikidang walopun jalanya naik turun. Setelah sampai Pelabuhan Ratu tinggal ikuti jalan cisolok-cilograng yg ke arah bayah tinggal ikuti jalan aja koq (dan naik turunya melebihi di cikidang hehe) .. nanti pas mau sampai sudah mulai keliatan Pantai Bayah nya dari ketinggian .. terus turun dan dari pertigaan sebelum ke kota bayah ambil kiri ke arah sawarna (jgn khawatir ada gapura tulisan sawarna koq). Masalah mobil jgn khawatir juga… sy pake xenia yg 1000cc nyampe koq walopun ketika liat jalan agak ngeri juga kuat ato tidaknya.

      • @gunardi and Gunawan ..salam kenal juga…:)
        kalo dr tangerang lebih baik lewat pandegelang-malingping-bayah..
        terakhir kondisi jaln sedang di perbaiki..mungkin sdh selesai skrng. sy pernah jg lewat carita-labuan-cibaliung-binuangeun-bayah sekalian jalan-jalan..kondisi jalan lumayan bagus..(jgn pake sedan he2)
        sy kmren tgl 16-sep ke sawarna lgi lwt jln baru, lebih singkat..
        dr pl ratu-cisolok-cibareno-cilograng-lebak tipar-sawarna (tidak lewat arah bayah) jlnnya bagus dan berkelok2..mantap bro :)

  • nice info..kebetulan saia lg nyari wisata di banten..
    emang saia sering denger kalo di bayah itu pantai nya keren2.nti suatu saat kalo ada kesempatan mudah2n saia bisa roadshow keliling pantai2 disono..
    ijin ngopi ya mas..buat tugas..
    makasi..

  • Mas Gunawan, kebetulan weekend ini saya mo ke pulo manuk setelah baca tulisan ente, kayaknya mesti mampir di pantai sawarna nih…

    bisa minto titik ordinat sarwana dong…

    /tq

    • @Syamsu : -6.9880681 S, 106.3093114 E, kalo sudah sampe pulo manuk ngak kan tersesat koq tinggal jalan terus ke arah kayak hutan gitu trus pas masuk ke perkampungan yg lumayan banyak rumah kiri kanannya jgn lupa tanya tempat jembatan buat ke pantainya (soalnya kalo ngak tanya takut terlewat) biasanya kalo sudah banyak mobil luar kota yg parkir kiri kanan jalan di situ tempat buat nyebrang ke pantainya.

      selamat jalan2…

    • @syamsu: Gampang kok nyarinya…
      soalnya gg banyak jalur… tinggal tanya ke warga setempat pasti udah langsung ketemu…

  • udah pernah ke bayah… bsok tgl 07 nov mau ke sawarna beach… gag sabar… ktanya gag kalah bagus pemandangannya

  • pasti bagus bgd tempatnya… gag kalah dgn bayah…
    berharap bisa ada disana…

  • Ikut urun rembug. Kalo menuju Bayah dari Sukabumi, jalan raya Cisolok – Bayah apakah sudah bagus. Kalo gak salah banyak yg rusak parah. Belum lagi kita bermacet-macet ria antara Ciawi Bogor – Sukabumi – Palabuhan Ratu.
    Sebaiknya lewat Jakarta (TOL), keluar serang Timur, masuk jalan Raya serang, belok kiri Pandeglang, terus arahkan kendaraan ke Labuhan, sebelum Labuhan ada peritigaan. Namanya Pertigaan Saketi. Dari sini belok kiri. Jalan lurus terus. Lewat Malimping – Bayah. Perjalanan + – 7 jam.

    • @Thojieb , silahkan bos …
      Terakhir saya kesana jalur cisolok-bayah lumayan bagus ngak ada yg rusak parah. Tapi kalo lewat pel.ratu emang harus sabar macet di ciawi ke cibadaknya apalagi kalo sabtu minggu. Thanks info alternatif jalan selain cisoloknya.

  • wah,…kemarin bln oktober saya istri n tmn jg baru dari sana,…keren bgt deh,….skrg sdh bnyak guest house,…rata2 80-100rb per org include makan 3x,….murah kan

  • Salam kenal,
    Saya asli cikotok, tapi sekarang saya kerja di Karawang.
    kemaren tgl 25~27 saya pulang kampung. walaupun saya asli daerah situ, tapi saya tetep ngerasa takjub setelah lama gk pulang kampung. Kemaren sempet mampir d karang taraje dan pulo manuk. sayang saya gk sempet ke sawarna karena waktunya yang kurang.
    terima kasih buat abang2 dan mbak2 yang sudah berkunjung… moga gk kapok dan mudah-mudahan untuk kedepannya akses transportasi juga sarana dan prasarananya terus diperbaiki…
    NB: Dipelabuhan ratu ada tempat singgah yang bagus, di bukit yang bisa liat seluruh plabuhan ratu dan pantainya…. kalo gk salah nama tempatnya “Pasir Randu”. Lumayan rehat disitu sekalian liat pemandangan bagus… hehhe…

  • Wadoooh jadi tertarik bgt mau ksna. Kl bawa anak2 nyaman gak ya mas? Dr Pancoran kira2 brp jam smp di Sawarna nya? Lbh dkt lwt sukabumi atau lwt serang ya? Makasih sebelumnya….

    • @Nadhira : saya ke sawarna taunya lewat sukabumi/pel.ratu saja ..kalo dr jakarta-pel.ratu jalan santai sekitar 3-4 jam-an ..dari pel.ratu ke sawarna sekitar 2-3 jam-an jalan nyantai juga. Kalau bawa anak2 terus terang nyaman di pel.ratu karena sudah banyak fasilitas hotel,tempat makan , tempat main dll. Tapi kalo pemandangan alam pel.ratu jauh kalah sama sawarna. Sawarna sepertinya belum tersentuh industri pariwisata secara baik, semua fasilitas seadanya dan belum sejorok,kotor dan crowded tempat2 wisata yg sudah ramai hehe.

  • Kalo dari pelabuhan ratu ada angkutan umum atau bis yg arah kesana gak?

    • @asikandamala : wah kebetulan waktu itu saya tidak terlalu memperhatikan kondisi lalu lintas mobil tapi kalo ngak salah inget ada beberapa angkutan yg berbentuk elf yang lewat di jalur pelabuhan ratu-bayah, tp info ini perlu di cross check lagi takutnya ingatan saya ngaco :) .

    • banyak mobil elf jurusan cikotok atau binuangen boss ongkosnya dari pelabuhan ratu 20000 turun pulomanuk n naek ojek 20000 ke sawarna….elf terakhir dari terminal pelabuhan ratu jam 4 soree

      • @izy : thanks confirmnya … berarti ingatan sy belum ngaco :)

  • jangan lupa ada lagi wisata pesisir dengan tittle Hidden Paradise yakni Pantai Pangumbahan, berdekatan dengan Pantai Ujung Genteng Sukabumi, pesona utamanya yakni Penyu Hijau (Celonia mydas). Selain turtle center, kawasan pantai ini juga cukup terkenal di kalangan turis asing karena ombaknya yang layak untuk Surfing… Let’s Surf Up bro…. (padahal gw ga bisa.. :p)

    *beruntung banget bisa KKN disana, tinggal selama hampir 2 bulan di tempat yg viewnya ajib punya deh.. (jd curhat gni gw.. hehe)
    wajib dicoba om, atau malah udah pernah kesana ya?

    btw, nice blog om, gw orang Banten tp belum pernah ke Sawarna.. mupeng gila euy… hehehehe…

    • @rendra : iya bro ujung genteng TeOPe BeGeTe pas saya kesana pas liat penyu lagi bertelor , bela2in malem2 ke pangumbahan sewa tukang ojek hanya buat navigÀtor, mana jalannya offroad lagi, untung pas kesana pas ada penyu lg bertelor.
      Btw masa org Banten blum ke sawarna , kurang afdol tuh jd org bantennya hehehe ;)

  • Bikin ngiri aja nih om Gun….
    Saya hobi bgt traveling, tapi kira2 kalo ke sawarna naek motor ajib gak?
    Pengeeeen banget ke situ, tapi takut gempor.
    Btw daerahnya rawan gak kalo buat jalan pake motor??
    Kira2 berapa jem ya perjalanannya?
    Please om kasih tau….

    • @Hariyadi : kalo pake motor sepertinya lebih seru tuh apalagi rame2 :) cuman antara cisolok-bayah jalannya agak sepi aja .. mungkin kalo dari jakarta lewat sukabumi bisa 6-7 jam kali ..

  • begitu indah pantainya……………
    sampai2 w dapet jodoh orang sana………………hahahahah

  • kemaren ane baru abis dari sana gan…edan keren abis…
    yahhh lumayan jalannya…sekitar 10-11 jam dari bogor lewat lebak(banten)…truzz ane saranin pulangnya enk lewat pelabuhan ratu…jadi kita bisa nemuin 5-7 pantai….pokoknya keren deh gan…klu mau naek mtr kesana ane mah sarannya lebih baik lewat pelabuhan ratu…klu lewat Lebak jauh bgd truz jalannya agak rusak dan lumayan jauh…dah masih jarang rumah…serem deh pokoknya…
    jadi buat anak2 banten sok deh kesana…hehehe…Recommended…

  • Gara-gara cerita ini saya jadi berangkat ke sana. Memang luarbiasa. 4 jam macet Ciawi-Cibadak terbayar lunas. Tapi aku ngak ke Sawarna tapi geser dikit ke Gua Langir. Cakep banget. Mo balik lagi nih, tunggu waktu yang pas. thx ya.. sudah bikin tulisan ini.

    • @gombor : sama-sama … mudah-mudahan industri pariwisatanya bisa memberikan banyak manfaat ekonomi buat warga sekitar .. sehingga bisa membantu dalam menjaga kelestarian alamnya

  • tolong info harga hotelnya doong..
    thank u :)

    • @joana : Wah kebetulan sy tidak nginap di sawarna ;)

  • Jadi ngiri nich! pingin segera touring ke sana dengan roda dua. Hehehe!

    • @Nana Permana : wah touring pake roda dua rame2 kayaknya muantabbbb

  • ane sabtu bsok 02/04 mau ksawarna gan???? minta contac yang bisa di hubungin donk bagi yang udh pengalaman, trutama orng sawarnanya, kali aja bisa nemenin jalan2 disana….
    hehehhehhehhe

  • Tak kalah muantabnya touring dengan roda dua rame-rame menyusuri Jabar Selatan.Selama perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang benar-benar ajib,perpaduan antara perkebunan teh,tebing,jurang,hutan,sawah,sungai yang airnya jernih seakan-akan mengundang kita untuk berendam sejenak menghilangkan penat,air terjun,jalan yang berkelok-kelok naik turun,dan pantai/laut yang masih asri dengan ombaknya yang menggelora khas laut selatan.Saya dkk. sudah 3 kali touring dengan roda dua menyusuri Jabar Selatan dan selalu ingin kembali lagi.Pingin coba,silahkan!Dijamin puaaaaaas dan ketagihan.

    • @Nana : wah Pak Nana biker yg suka explore alam juga . hehe .. dan deskripsi pak Nana sudah cukup menggambarkan keadaan daerah Jabar Selatan ;) thanks ..

      • Thanks kembali atas responnya bro Gunawan,mudah-mudahan keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa ini akan menambah keimanan dan ketakwaan kita kepadaNya. AMIN.

  • Hay bro apakah jalur padeglang-saketi-malimping masih rusak parah,kebetulan ntar tgl 29 aprl gw mau,ke binuangeun, mohon info terbarunya

    • @sanca : wah sy blum pernah lewat jalur ini …. kalo ada yg tau juga info ini saya butuh juga . hehe

  • ,,hadouuhh rindu bngt tuh ane ma desa sawarna,, bsok mo ke sono ah bersama anggota koperasi KKO..lama ga liatin tanah nih

  • hallo perkenalkan namaku mila aq asli dari sawarna,aq sangat bangga ternyata kampungku segitu terkenallnya di internet,kapan dong bs jalan2 lg ke sawarna.aq punya vila utk di sewakan dan mempunyai fasilitas yg lengkap tentunya ada ac,tv (nasional,internasional),2 tempat tdur ckp 4 orng,closet duduk,shower.tempat parkir yg luas dan msh bnyak lg fasilitas lainnya.hub di no 081911920777.tq

    • @mila : wah kalo sy kesana kasih diskon yah hehe

      • mas gun klo mslh harga bs diatur tergantung kapan dan berapa byak yg dateng kbtulan skrng dah ada 4 villa yang fasilitasnya lengkap dan 1 yg biasa tp musti confirm dl sblumnya tkut dah ada yg pesan,gitu lho mas.hub di 081911920777-081646992036.tq

  • mampir nich…
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam….
    oh ya ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon semoga bermanfaat… :)

  • @mila: Hatur nuhun neng mila informasina,upami abdi dkk.wisata ka Sarwana henteu bingung milarian kanggo ngawengi,tapi sabaraha pangaosna sawengi?.

    • sami-sami bu,pokona mah masalah hargi mah fleksibel tgl telp we ka no abdi di no 081911920777-081646992036.hatur nuhun

  • Mila thanks atas infonya, karena rencananya saya dan keluarga (b4) tanggal 23 ini akan jalan2 kesana. Jika memungkinkan kami akan menginap.
    @Mas Gunawan: pantai2 di banten adalah salah satu tempat yg paling saya sukai pemandangannya.

    • ok mas ditunggu ya telpnya klo ke sawarna.ga akan nyesel deh klo ke sawarna pa lg klo berenang di pulo manuk and tanjung layar itu adalah tempat favorit kel sy tuk bernang.trims

      • wah ane punya banyak kenangan tuh di tanjung layar… mulai dari kemping pas massa sekolah, trus bakar ikan sepulang sekolah, makan buah mangga dan minum air kelapa muda…. hmmm… muantab deh pkonya… tapi sayang sekarang jauh….

  • dri pelabuhan ratu jalur kmn lgi
    tolong kasih thu peta atau petunjuk untuk k pantai sawarna bayah?trmksh

  • naek sedan soluna tembus ga kesana?? kondisi jalan gmn kira2 klo sekarang??

    thx

    • @Mulya : hmmm ‘lupa2 ingat’ nih kalo jalan ke bayah (dari pelabuhan ratu) sih bagus2 aja ngak masalah … pas dah deket ke sawarna ada jalan ‘sedikit’ jelek cuma sy lupa jeleknya segimana tp ngak parah2 amat, yg pasti ketika saya sampe di sana, sy liat ada 2 mobil Jazz dan Yaris sudah nongkrong di sana

  • Aduuhh thank u banget to postinganna.
    keren..luar biasa banget.
    Ne bermutu banget yg gilak pantai n suka berpetualang.
    Oia mau nanya donk, klo naik kendaraan umum dr jakarta, baikna lewat mana dulu yah.
    Aje gile…..bener2 ga sabar mau kesana…..ciihhuyy….
    Sekali lg thanks banget yah….
    Salam..

    • Berhubung saya belum pernah pake jalur lain selain jalur ke pelabuhanratu(peltu) dan itupun bawa mobil sendiri jadi yg saya terangin cuman perkiraan aja untuk ke pelabuhanratu….
      dari jakarta naik yg ke sukabumi , dari sukabumi lalu naik lagi bis yg ke pelabuhanratu (atau bisa turun di cibadak lalu naik bis yg ke pelabuhan ratu) atau dari jakarta ke Bogor dari bogor/baranang siang ada bis yg langsung ke pelabuhanratu ..
      dari pelabuhanratu ada elf yg menuju cikotok turun di pertigaan yg ke sawarna .. dari situ ada ojek buat ke sawarna, btw nanti di perjalanan sekitar cisolok jangan kaget kalo banyak tukang ojek yg nawarin nganter buat ke tempat prakteknya mak erot :D

  • helowww untk menuju k pulau sawarna bisa pake bus ukuran full g n harus ngeluarin bajet berapa ???

    • @scoterz : ralat aja sawarna bukan pulau, belum memisahkan dri dari pulau jawa hehe ;) … wah kalo bus ukuran full saya ngak lihat sih .. tapi kayaknya sih (‘mungkin’) ngak akan bisa di tanjakan sawarnanya. Wah budget sih tergantung dari mana dan leveling service nya sampe gimana :p .. tapi kemaren saya sih perorangnya kurang lebih kena 300rb .. dari jakarta

  • @ bu mila

    Salam kenal ya…!!!
    Oh ternyata villa little hula hula itu milik anda ya.?

    Minggu lalu aku nginap di villa little hula hula bersama 10 org temanku selama 3 malam,
    kami merasa sangat nyaman sekali dengan fasilitas yg ada di villa anda..
    Cuma satu kata yg bisa kami ucapkan SANGAT PUASSS…!!

    Kami akan datang kembali ke sawarna resort dan tentunya akan nginap di little hula hula…

  • Mau tanya kalau ke Sawarna dari Jakarta pas mendekati lebaran, kira2 jalur ini kena macet arus mudik juga ga ya ?

  • pantai bayah pantai dipakai bintang film atau ftv, kemaren saya habis ke pelabuhan ratu udaranya sejuk dan indah seperti pulau dewata, thankyouuu in love to indonesia

  • Pengalaman sy maen kesawarna pakai sepeda motor,klo lewat jalur serang bagurnya lewat warung gunung trus ke gunung kencana bcoz kondisi jalannya lebih bagus daripada lewat saketi pandeglang.setelah sampe malimping kondisi jalan sudah bagus.kita nga akan nyesel dengan jauhnya perjalanan ini karena mata kita akan disuguhi pemandangan alam yg menakjubkan.

  • Wah.. Senangnya dengan Cerita Teman-teman yang sudah sempat berkunjung ke Bayah( Pantai Sawarna, Pulau Manuk, Karang Taraje dan sekitarnya) Potensi wisata pantai yang sangat menakjubkan.. Dari Rumah Saya menuju Pantai Sawarna Kurang lebih 20 Menit.. Saya bangga dengar cerita teman-teama semua.. Salam kenal..

  • Salam kenal,
    Ayo berbondong-bondong datang kesawarna saya jamin kalian tidak akan menyesal,,
    Heeeeee

  • Sawarna emang mantap pantainya…banyak yg bilang kalo sawarna tuh Balinya Banten..sekedar info aja…untuk anda yg mau ke sawarna,anda bisa menggunakan jasa “Bayah Maliba travel” untuk info lengkapnya anda bisa menghubungi 021-55700332 atau 0252-401311…anda telpon kami jemput dan antar anda sampai sawarna. “Bayah Maliba travel” adalah travel asli putra daerah Bayah.melayani dengan penuh hati. terimakasih

  • Mohon info terbaru donk mengenai jalur/ kondisi jalan ke pantai sawarna via pelabuhan ratu? Dalam wkt dekat ini, sya mau turing kesana. Trima ksih infonya.

  • sawarna is the best. semoga pantai sawarna yang akan datang menjadi patai pilihan terbaik, baik di mana negara maupun di mata international

  • Setelah membacaposting diatas..saya jadi tertarik untuk berlibur ke pantai sarwana..adakah rekan2 yg mau menemani ..rencananya sabtu dan minggu besok…

  • Mohon info terbaru, apakah kondisi jalan ke desa sawarna via Rangkasbitung dan malingping sudah bagus ? mohon juga infonya jalur mana yg tidak banyak turun/naik dan belokan tajam (jalur Malingping atau jalur pelabuhan ratu), terima kasih info nya.

    • @FS : info ini sy tunggu juga … Ada yg tahu kondisi terakhir jalur ini. ?

  • setiiap aku pulang kampung ,,, gag luppa fto” di sawarna ..

  • Sawarna….. Aku dataaaang

    • ditunggu ya……………

  • Tunggu aku bersama pecinta pantai

  • sawarna keren tau kemaren aku study tour,, bagus banget,, apa lagi pantai nya indah deh tapi kok kaya gak di urus gitu yah

    • Bukan ga di urus, v emang gak ada yang ngelola, jadi ikhlas2nya orang sono aja yng mau bersih2 pantai, saya adalah salah satu orang bayah yang peduli sawarna silahkan cek di http://www.sekarbagus.com disitu banyak yang harus di ketahui jika mau ke bayah…..

  • ga bosen gw datengin lagii… cinta banget ma ni pantai…

  • banyak tanah yang mau di jual di sana …mungkin kalian minat …murah2 kok….saiya asli orang situ udah punya perkebunan karet lagi..klo kesna mampir yah

  • Wah boleh juga pantai’y jadi objek wisata liburan semester,
    †άρί ada outbond’y, tau berbagai macam permainan dipantai.
    nanti ai kasih tahu ke tmn2 kampus ai.

    • 08998113536 yang mau info lanjut ke sawarna

  • bayah surga di bumi masih banyak lagi tempat yang belum di sebut di bayah selain sawarna pulo manuk, karang taraje masih ada curug kanteh di desa cikatomas, belum lagi pantai karang songsong di ci bobos dan karang layar di cihara.. ga bakal nyesel deh kalau kesana.. silahkan nginep gratis di rumah uwa gw tar gw kabarin asal mau seadanya..

    • apa ga ada hotel…asyk gratis

  • Sawarna adalah tempat kelahiran saya,allhmdllah karang sudah menjadi parawisata,jadi kangen pengen pulang k desa

  • penasaran…wait me

  • kunjungi http://www.pantaisawarna.com untuk informasi detailnya

  • lebaran anak anak keadilan mau berangkat ke pantai bayah sawarna yg ke 2 x’a
    emng sangat menyenangkan dateng ke pantai sahwarna …

  • saya minta info yh akang2 teteh2… klo dari Karawang menuju pantai sawarna bayah banten, memakan wamtu brp lama yah?

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Contact : gun_ip@yahoo.com

Album Photo lengkap ada di : pictures.maleber.net