Puncak Darajat, Garut

Mar 10, 2012 by     23 Comments    Posted under: Garut, Gunung, New Posts

Puncak Darajat, GarutBerjarak kurang lebih 24KM sebelah barat dari Masjid Agung Garut. Dengan ketinggian yg tercatat di GPS saya sekitar 1800mdpl. Pemandangan perkebunan di daerah darajat serta suasana kota garut ke arah timur yang di bentengi oleh pegunungan-pegunungan di sekeliling garut yang seakan-akan mencengkram awan-awan supaya tidak lekas pergi, membuat pemandangan disini benar-benar keren dan unik. Kawasan Darajat tidak seterkenal dan seramai kawasan Cipanas karena masih terhitung baru di kembangkan tetapi menurut saya pemandangan alam Darajat jauh lebih indah di banding dengan Cipanas. Karena semua kelebihan kawasan Cipanas ada juga di Darajat, tetapi kelebihan di Darajat tidak ada di Cipanas. Kolam-kolam air panas di kawasan Darajat mempunyai kelebihan karena berada di lereng pegunungan sehingga orang-orang yang berendam di air panas bisa menikmati kawasan pegunungan dari ketinggian sambil melihat ke arah bawah ke kota Garut.

Lagi-lagi … tujuan jalan ke Garut adalah tujuan yang spontan yang saya cetuskan pas lagi jalan ke Bandung. Sebenarnya temen-temen jalan saya dari Jakarta bertujuan hanya untuk berkumpul weekend sabtu-minggu tanggal 2-3 Maret 2012 di rumah saya di Bandung. Berkumpul buat apa ??? hmmm iseng aja karena mungkin sudah lama tidak saling cela mencela wakakak, karena walopun kami sama2 kerja di Jakarta tetapi jarang ketemu karena kami semuanya berbeda Kantor dan juga lokasi tempat tinggal yang saling berjauhan hehe.

Puncak Darajat, GarutPuncak Darajat, Garut
Puncak Darajat, GarutPuncak Darajat, Garut

Tepat tanggal 1 Maret 2012 di hari Jum’at sore setelah pulang kantor kami janjian di Citywalk Sudirman. Setelah komplit kami pun langsung cabut sekitar jam 7 malam. Kami pun di hadang kemacetan yang emang sudah terbiasa di daerah Semanggi sampai Cawang. Setelah lewat cawang kami pun istirahat makan terlebih dahulu di rest area KM 19. Selepas Rest area KM 19 posisi orang yang berada di belakang kemudi di ganti, saya pun langsung tancap gas memacu mobil dengan kecepatan yang … biasa2 aja hahaha. Dan di perjalanan sebenarnya temen saya sudah berinisiatif sampe Bandung berendam di Ciater. Dan emang berendam di kolam air panas Ciater malam hari itu di jamin top markotop. Akhirnya sekitar jam 11 malem sampai juga di rumah saya daerah Cipadung Bandung. Sebelum kami siap-siap cabut ke Ciater, saya kasih 2 opsi, dan opsi pertama yaitu kalo sekarang malem pergi ke Ciater di jamin pulangnya subuh dan sabtu siang atau mungkin seharian kami pasti tertidur dengan pulas hehe, dan sayang di hari sabtu tidak bisa di manfaatkan buat jalan. Opsi kedua mendingan kita jalan di pagi hari jam 5.30 atau jam 6.00 dengan tujuan tetap berendam di air panas tapi kali ini tujuannya Cipanas Garut. Kenapa harus pagi karena bisa manfaatin hari sabtu full buat jalan, dan kenapa Garut hmmmm … sy sih asal ngomong aja karena Ciater mulu kan bosen, lagian ada temen saya yang belum pernah main ke Garut.

Akhirnya opsi no.2 lah yang dipilih, sabtu pagi jam 6 lebih akhirnya kami start dari Cipadung bandung menuju Garut. Tertahan sebentar di Borma Cinunuk karena harus menunggu temen saya yg lagi mengadakan standing meeting mendadak dengan orang kantornya yang kebetulan lagi di Bandung dengan lumayan lama xixixi. Setelah menunggu ‘lumayan lama’ akhirnya perjalanan di lanjutkan ke arah Nagreg. Selepas Nagreg kamipun mulai memasuki kawasan Garut, dan setelah sampai pertigaan Cipanas entah kenapa berhubung sekarang saya yang megang kendali mobil dan hanya saya yang ‘lebih’ tau Garut di banding temen saya yang laen akhirnya mobil pun tetap melaju ke arah alun-alun Tarogong dan bukan berbelok ke kanan ke arah Cipanas, mungkin masih membekas di gambaran saya kalo cipanas tuh agak crowded dan ‘agak’ semrawut. Tujuan saya langsung tertuju ke Darajat… hmmm mumpung temen2 saya ngak tau Cipanas saya arahkan aja ke Darajat … secara sama-sama berendam di air panas koq wakakakak.

Puncak Darajat, GarutPuncak Darajat, Garut
Puncak Darajat, Garut

Bagi anda yang masuk dari arah Bandung kawasan Darajat juga kurang lebih hampir sama sekitar 22KM dari alun-alun Tarogong setelah pertigaan yang menuju Cipanas, kalau Cipanas belok kanan ini terus lurus saja sampai ke alun-alun Tarogong, dari alun-alun tersebut ambil kanan menuju ke arah Jalan Raya Samarang. Kurang lebih 4km dari alun2 Tarogong tepat di tikungan kami sampai di Bukit Alamanda Resort. 7KM dari alun-alun Tarogong sampai juga di pertigaan, lurus terus ke Darajat kalau kanan menuju Kamojang/Sampireun/Mulih Ka desa, berhubung tujuan kami Darajat akhirnya mobil terus lurus tidak belok kanan. Setelah jalan 9KM dari Alun2 Tarogong masih di jalan Raya Samarang sampai juga di pertigaan menuju Kawah Darajat. Lurus menuju cisurupan gunung Papandayan dan kanan jalan Pasirwangi menuju kawah Darajat, kamipun belok kanan di pertigaan ini. Jalan lebih mengecil di banding jalan Raya Samarang sebelumnya tetapi kondisi jalan cukup mulus dan bagus. Di kejauhan sudah terlihat ada asap yang mengepul dari punggung gunung. Melihat posisi asap tersebut kesannya cukup jauh dan cukup tinggi dilihat dari bawah. Saya pun menyetir dengan santai, merayap naik sedikit demi sedikit keatas karena tidak ingin melepas pemandangan yang indah di sekeliling dengan cepat hehe.

Kurang lebih 22KM dari arah alun2 Tarogong sekitar jam 9 pagi kami mentok juga di puncak darajat, kalau lurus terus ke kawah darajat dan kalau mau masuk ke kawah darajat harus di temani guide. Kamipun turun di pintu gerbang masuk kawah darajat. Sambil menghirup udara yang bersih dan memandangi pemandangan kota Garut dari kejauhan. Awan-awan menggantung terperangkap oleh tingginya gunung Cikurai. Agak lama kami memandang keindahan alam darajat disini. Disini kantor Cevron dengan asap mengepulnya terlihat dengan jelas, juga beberapa pemandian air panas bisa dilihat disini. Akhirnya setelah terkagum-kagum dengan pemandangan sekitar Darajat, saatnyalah untuk memanjakan badan saya dengan cara berendam di air panas yang dari semalam lumayan cape nyetir dari Jakarta.

Akhirnya pilihan Puncak Darajat sebagai tujuan berendam air panas tidak salah … temen2 saya juga lumayan puas melihat pemandangan sekitar darajat. Kami berendam di ketinggian dan sambil melihat pemandangan alam pegunungan di batas kolam. Berhubung saya yg maniak olah raga air .. kemanapun saya jalan .. celana dan kacamata renang dan juga perlengkapan renang lainnya tidak pernah absen dari tas jalan2 saya haha. Setiap kali jalan-jalan .. dipake atau ngak di pake, perlengkapan renang saya selalu komplit. Tiket masuk ke pemandian Puncak Darajat sini kalo ngak salah inget sekitar 20rb, dan fasilitasnya lumayan ok lah.

Setelah tubuh saya cukup matang direndam di kolam air panas, sekitar jam 12 siang akhirnya perjalanan harus di lanjutkan, perjalanan harus di lanjutkan juga di karenakan tuntutan perut yang sudah saatnya diisi hehe.

bersambung …. next … Mulih Ka Desa & Kampung Sampireun Samarang , Kampung Sumber Alam & Danau Dariza Cipanas

23 Comments + Add Comment

  • [...] Alam dan Danau Dariza berada di kawasan wisata air panas paling ramai di Garut yaitu Cipanas. Setelah berenang dan merendam badan di kolam air panas di Puncak Darajat, tak terasa jam sudah menunjukan angka 12. Agak tidak percaya juga kalo angka jam di HP saya [...]

  • Kang,

    tanya dong, rute yg enak jkt – kw drajat gimana?
    trus kira2x waktu tempuhnya berapa jam ya?

    tararengkyuh
    :)

    • Dari Jakarta ke Bandung dulu keluar Tol Cileunyi .. dari Bandung ke Garut nya sih kurang lebih 2 jam jalan santai

      • oh, ok. :D
        trus kalo dr garut mau lsg ke ciwidey (kw putih), melalui rute yg sama (arah sebaliknya) atau ada
        rute (alternatif) lain, yg kira2x recommended?

        terima kasih banyak Kang. :)

        • kalo dari garut ke ciwidey, paling lewat kamojang-paseh-majalaya-ciwidey, itu lebih deket tp saya kurang tau apa itu lebih cepet ato enggak :p .. karena terakhir sy lewat paseh-majalaya sudah lama banget jalanya lumayan agak sedikit jelek dan naik turun …tp kondisi jalan sekarang saya kurang tau apakah sudah lebih baik atau tidak

          • hasil tanya sama mbah google… jarak beda2x dikit Gan… tapi waktu tempuh ternyata lebih cepet lewat jalur normal…

            ane bawa rombongan “ibu2x arisan”.. jadi lwt yg aman2x aja deh… :p

            ^_^

            thank you so much gan….

  • [...] Blog tentang Puncak Darajat [...]

  • [...] berpengalaman lebih lama mengoperasikan pemandian air panas di banding dengan kawasan air panas kawah darajat Garut, sepertinya pemandian Ciwalini harus belajar gimana membuat suasana yang lebih rapih dan [...]

  • Mas mau nanya dong tempat berendam di derajat itu namanya apa ya? maksih ya

    • @sam : ada beberapa .. ada kolam air panas “Darajat Pass 1 & 2″, ada kolam air panas “Puncak Darajat”, yg saya coba yang paling tinggi yaitu kolam “Puncak Darajat”

  • klo tiket masuk anak TK + Orang tuanya berapa (paket sekolahan) ?

    • @TK PGRI NURILLAH PAMEUNGPEUK : kebetulan sy tidak menanyakan harga tiket buat rombongan …

  • Mohon Infonya untuk tempat penginapan di daerah darajat yang Bagus. menurut saya kampung sampireun juga bagus, apakah di daerah darajat juga ada tempat semacam kampung sampireum? thanks b4

  • mohon dikrim no telp untuk konfirmasi

  • fellix Salaka, mohon dikirimkan daftar dan harga bungalow ke kantor saya

  • brosang brosing kanan kiri nyari rute ke puncak darajat, akhirnya ketemu juga setelah membaca blog ini. Mantap Kang, terima kasih banyak :-)

  • dari photo-photo nya keren banget mas, pertanyaan saya ada kolam renang di kaki gunung wah apa kaga beku tuh mas kalo kita nyebur. anyway thanks buat postingannya ya

  • wah kelihatan asri banget neh. tp suhu dinginnya berpa derjat tuh kalo pgi hari

  • Tutupnya hari sabtu jam berap sih Om???, kalo 24 jam asik tuh

  • kalo ke garut ngga ke sini rugi, kalo ke darajat ngga nginep rugi, pemandangannya bagus banget cocok buat wisata bersama dengan keluarga. niche info kk

    http://tissue-putih.blogspot.com/

  • pemandangannya asri dan indah banget ya..

  • Buat pembaca semua yang memerlukan support untuk berwisata ke Pucak Darajat juga tempat menarik lainnya di Garut, boleh sekadar bertanya atau mengontak kami Zigra Wisata. Silakan klik http://www.zigra.co.id untuk mengetahui paket wisata Garut 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Boleh juga invite bbm saya 27F4916F atau tlp 082154050790 terimakasih

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Contact : gun_ip@yahoo.com

Album Photo lengkap ada di : pictures.maleber.net